Ketua KPU RI Turun ke Bengkulu

BENGKULU, BE – Jika tidak ada halangan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Husni Kamil Manik dijadwalkan berkunjung ke Bengkulu hari ini (2/10). Husni dan rombongannya akan mendarat di Bandara Fatmawati Bengkulu pagi besok dan langsung menuju ke Kabupaten Kepahiang. Dia dijadwalkan berada di Bengkulu hingga Sabtu besok (3/10).
Kedatangan Husni Kamil ini ingin mengetahui secara langsung kondisi terkini penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Kepahiang. Kuat dugaan dikarenakan adanya insiden penujahan komisioner KPU Kepahiang oleh tim sukses salah satu kandidat calon bupati dan wakil bupati Kepahiang yang terjadi beberapa waktu lalu.
Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra SAg MM tak menampik bahwa pihaknya akan kedatangan orang nomor satu di jajaran penyelenggaraan Pemilu tersebut, namun ia membantah ada kaitannya dengan insiden penujahan salah seorang anggota KPU Kepahiang.
“Jadwalnya memang ketua KPU RI akan melakukan kunjungan kerja di Bengkulu selama 2 hari, yakni 2-3 Oktober besok. Tapi kedatangannya murni ingin melihat kesiapan logistik untuk penyelenggaraan Pilkada serentak 9 Desember mendatang, bukan karena insiden penujahan yang dialami salah seorang Komisioner KPU Kepahiang itu,” bantah Irwan.
Menurut Irwan, kedatangan Husmi Kamil juga ingin melihat gudang logistik yang ada diu Kepahiang, karena di Provinsi Bengkulu ini hanya Kabupaten Kepahiang yang memiliki gudang logistik Pemilu yang dibangun dengan menggunakan biaya dari APBN. Gudang tersebut merupakan satu-satunya gudang logistik yang dimiliki KPU di Provinsi Bengkulu.
Selain melihat kesiapan KPU Kepahiang dan situasi di masyarakat, Husni juga dijadwalkan memberikan  materi seminar nasional di Universitas Bengkulu pada 3 Oktober besok.
“Beliau akan tampil sebagai pembicara dalam seminar itu, karena agenda kunjungan ini hanya untuk melakukan supervisi, jadi  beliau tidak diagendakan untuk mendatangi daerah rawan konflik,” pungkas mantan Ketua KPU Kehiang ini.(400)