Ketika Pasutri Berebut Jabatan Kades : Suami Nomor Urut Satu, Istri Kedua

APRI/Bengkulu Ekspress Kedua pasangan Cakades Cakades Desa Kota Lekat Ilir yang merupakan pasangan suami istri saat ditemui di rumahnya, kemarin (7/11).
APRI/Bengkulu Ekspress Kedua pasangan Cakades Cakades Desa Kota Lekat Ilir yang merupakan pasangan suami istri saat ditemui di rumahnya, kemarin (7/11).

Cukup unik pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Kota Lekat Ilir Kecamatan Hulu Palik. Kenapa tidak? Calon Kepala Desa (Cakades) akan bertarung merupakan pasangan suami-istri. Bagaimana persiapan dan apa motivasi kedua pasangan ini ikut Pilkades? Berikut laporannya.

JULIAN SYAFRI, Hulu Palik.

Al Darul Kutni (49) merupakan Cakades Nomor Urut 1 dan Ely Yunara Nomor Urut 2. Keduanya, akan bertarung dalam Pilkades di Desa Kota Lekat Ilir yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 November 2017 secara serentak Gelombang II bersamaan dengan 20 desa lainnya di Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

Uniknya, kedua pasangan ini merupakan pasangan suami istri yang mempunyai 2 orang anak. Bahkan majunya kedua pasangan ini mendapat dukungan penuh dari seluruh pihak keluarga dan masyarakat.

‘’Awalnya memang istri saya sudah keliling ke masyarakat dan menanyakan pendapat masyarakat jika ingin maju dalam Pilkades,’’ ujar Kutni kepada Bengkulu Ekspress (BE), ditemui dikediamannya, kemarin (7/11).

Sebelum membulatkan tekat untuk mencalonkan diri, Ely pasangan nomor urut 2 ini telah turun langsung ke masyarakat yang mempunyai mata pilih sebanyak 237 ini.

Setelah membulatkan tekat dengan melengkapi persyaratan serta memasukkan berkas administrasi kepada pihak Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD).

‘’3 Hari sebelum pendaftaran tutup belum juga ada calon lain yang mendaftar,’’ ungkap Kutni.

Karena persyaratan tidak boleh melawan kotak suara kosong, maka ia membulatkan tekat untuk melengkapi berkas dan persyaratan maju sebagai saingan sang istri. Bahkan ia juga mengantongi dukungan penuh dari sang istri dan anak serta seluruh keluarga besar.

‘’Saya maju mendapatkan dukungan dari istri dan seluruh anggota keluarga,’’ terangnya.

Ia bersama sang istri tidak mempermasalahkan siapa saja yang nantinya terpilih sebagai Kades. Namun, yang terpenting dukungan dan kerjasama dari seluruh masyarakat untuk bersama-sama memajukan desa kedepannya. ‘’Siapa saja yang terpilih kita akan saling mendukung. Baik itu saya, maupun sang istri. Karena komitmen kita untuk membangun Desa Kota Lekat Ilir lebih maju lagi,’’ jelasnya.

Kutni dan sang istri juga merasa telah terpanggil untuk mengabdi di desa nya. Karena, Ia pernah bekerja di salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit cukup besar di Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. ‘’Kalau dibilang niat. Memang niat itu sudah lama. Kami sangat ingin mengabdi di desa, untuk kemajuan desa ini,’’ harapnya.

Bahkan jika terpilih nantinya, baik dirinya maupun istri, langkah pertama yang akan dilakukan yakni mengaktifkan desa. Sehingga seluruh perangkat desa harus siap melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagaimana seharusnya.

‘’Pertama, kita akan aktifkan kantor desa. Sekarang kantor desa sedang dibangun. Nanti, semua perangkat harus berada di desa selama 24 jam dibutuhkan. Dan kita akan buatkan sistem piket,’’ tuturnya.

Al Darul Kutni (49) dan Ely Yunara mempunyai 2 orang anak. Untuk, anak pertama bernama Mexy Melda Levi (20) yang saat ini kuliah di Poltekkes Kemenkes Bengkulu Jurusan D3 Ahli Gizi. Sedangkan sang adik, bernama Lavin Zahra (14) siswa SMPN 1 Bengkulu Utara. Keduanya, lahir pada tanggal dan bulan yang sama, yakni pada tanggal 28 Mei. ‘’Kita tidak ingin janji yang muluk-muluk. Tapi, kita cuma bisa menunjukkan bukti nyata,’’ pungkasnya.(**)