Ketahuilah, Ini Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung

tehjpnn.com – Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun Anda belum makan dan biasanya juga menyebabkan rasa yang tidak nyaman.

Paling banyak perut kembung ini disebabkan karena gas yang menumpuk di perut, menyebabkan bersendawa dan terkadang sakit perut.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung, yaitu stres karena kesibukan, masuk angin, kebiasaan makan dan makanan.

Faktor lain yang juga bisa menyebabkan perut kembung adalah alergi makanan, gangguan pencernaan, menstruasi dan gangguan kesehatan tertentu.

Berikut ini beberapa tips mudah mengatasi perut kembung, seperti dilansir laman Instyle, Rabu (30/8).

1. Mengunyah seledri

Ahli gizi dan pendiri Nutrisi NAO, Nikki Ostrower mengatakan bahwa sayuran ini efektif sebagai obat diuretik dan pencahar.

Ostrower bahkan mengatakan bahwa seledri baik untuk kembung akibat mabuk.

2. Ketimun dan wortel

Wortel diuretik dan membantu mencegah sembelit. Wortel membantu memurnikan darah dan mengobati gangguan pencernaan.

Jus wortel sangat baik untuk pembersihan dan peremajaan hati.

Ketimun juga merupakan obat diuretik.

3. Minum secangkir teh

Minum teh herbal seperti peppermint, jahe dan bahkan dandelion setelah dan di antara waktu makan untuk mendukung pencernaan dan mengurangi kembung.

Peppermint, khususnya, adalah makanan kaya enzim yang baik untuk pencernaan alami.

4. Prebiotik.

Detoksifikasi dan rebalance gut flora dengan makanan kaya prebiotik seperti sayuran hijau, asparagus, artichoke, daun bawang dan apel.

5. Makan akar asparagus

Asparagus tidak kaya akan prebiotik, tapi Ostrower mengatakan bahwa asparagus bisa mengurangi konstipasi, menenangkan kembung, mengurangi dahak dan lendir dan bahkan bermanfaat untuk masalah ginjal.

– Potong ujung yang sulit dan potong menjadi 1 inci.

– Masukkan 1-2 gelas air ke panci dan biarkan hingga mendidih. Tambahkan asparagus dan masak selama 2-3 menit, sampai lembut dan berwarna hijau cerah. Atau, tempatkan di atas baking sheet, taburi dengan garam dan 1 sendok makan minyak zaitun.

– Gunakan jari untuk melapisi asparagus dengan minyak. Panggang di suhu 350 derajat celcius selama 15-20 menit atau sampai empuk dan berwarna sedikit kecoklatan. Usahakan makan ½ buah asparagus per hari.

Trik kunci lainnya?

Membatasi makanan pedas, goreng atau berlemak juga bisa mengurangi risiko gangguan pencernaan.(fny/jpnn)