Kerja Bersama Pertahankan Adipura

BENGKULU, BE – Pemerintah Kota Bengkulu bertekad untuk mempertahankan perolehan Piala Adipura pada tahun 2015 ini. Disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bengkulu, Dr Hj Fitriani Badar AP MSi, saat ini proses penilaian Adipura telah usai dilaksanakan.
“Penilaian pertama dan kedua sudah keluar. Kita tetap optimis Piala Adipura yang diraih tahun lalu berkat kerja keras dan ketekunan kita dalam menjaga kebersihan di Kota Bengkulu tetap bisa pertanahkan,” katanya.
Ia menjelaskan, seluruh kawasan yang masuk dalam kriteria penilaian Piala Adipura terus ditertibkan. Tahun ini, Pemerintah Kota bahkan telah memutuskan untuk melakukan peremajaan kembali terhadap fasilitas lingkungan publik seperti taman, jalan raya, rumah sakit, Puskesmas, sekolah, sungai, dan lain-lain.
“Walaupun bukan demi Adipura semata-mata, kawasan ini tetap kita tata dan perhatikan kebersihannya setiap hari. Kerja keras bersama ini bukan hanya berangkat dari upaya terus menerus yang dilakukan Pemerintah Kota untuk menyediakan sarana dan prasarana kebersihan, namun juga kesadaran rakyat akan kebersihan yang kian hari kian meningkat,” ungkapnya.
Ia membeberkan, standar minimal nilai yang harus dicapai (passing grade) untuk penilaian Adipura tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Namun dengan adanya pengelolaan taman yang baik dan pengembangan fasilitas umum yang terpadu, maka Kota Semarak ini dapat selalu terlihat bersih, indah, rapi, dan asri.
“Kondisi jalan harus selalu terawat dan bersih dari sampah. Kalau ada warga yang buang sampah sembarangan, jangan sungkan menegurnya. Sementara kawasan seperti Pasar Panorama sejauh ini bisa kita amati sudah mulai tertib,” ujarnya.
Berbagai dorongan penjagaan kebersihan dan kenyamanan kota juga disampaikan oleh berbagai organisasi masyarakat sipil dan komunitas peduli lingkungan hidup yang tergabung dalam Forum Peduli Pantai Bengkulu. Salah satu saran yang diberikan adalah pengelolaan area pantai dan pesisir yang menjadi objek-objek wisata di Kota Bengkulu.
Forum Peduli Pantai Bengkulu menyarankan pemerintah untuk menyiapkan fasilitas tempat-tempat sampah yang layak dan menjalankan sistem pelayanan kebersihan (pemungutan sampah setiap hari) di sepanjang Pantai Bengkulu secara efektif dan berkesinambungan. Disamping itu, Pemerintah Kota juga berharap agar pemerintah dapat melaksanakan pengelolaan sampah terpadu berbasiskan penyelamatan lingkungan. (009/adv)