Kerahkan 1.172 Personel, Alat Berat Disiagakan

BENGKULU, BE – Menyambut tahun baru 2015 yang tinggal menghitung hari, Jajaran Polda Bengkulu menyatakan siap melakukan pengamanan. Kali ini, sebanyak 1.172 personel diturunkan dan akan bersiaga di 31 pos yang tersebar di Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Diantaranya di 21 pos pengamanan (Pospam) dan 10 pos pelayanan (Posyan).
“Ini merupakan operasi kemanusiaan yang diharapkan dalam operasi ini nantinya dapat menghasilkan situasi Kamtibnas (keamanan dan ketertiban nasional) yang aman di seluruh wilayah Polda Bengkulu,” Kata Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs M GHufron MM MSi, melalui Plt Kabid Humas AKBP Joko Suprayitno SST MK, kepada BE, Senin (22/12) kemarin.
Dijelaskannya, jumlah pos yang disiagakan tersebut, disesuaikan dengan keramaian di masing-masing daerah. Diantaranya, untuk Kota Bengkulu terdapat sebanyak 7 Pospam dan 3 Posyan. Rejang lebong 2 Pospam, Bengkulu Utara 5 Pospam, Bengkulu selatan 1 Pospam dan 1 Posyan, Seluma 3 Pospam, Kepahiang 2 Pospam dan 1 Posyan, Lebong 3 Pospam dan 1 Posyan, Kaur 2 Pospam dan 2 Posyan, serta 1 Pospam dan 1 Posyan di siagakan di Kabupaten Mukomuko.
“Ini dilakukan dalam rangka pengamanan tahun baru, sebab sudah  menjadi tradisi bahwa  masyarakat akan membludak pada tempat tersebut” kata Joko.
Informasi yang didapat di Kota Bengkulu Posyan ini ditempatkan di Bandara Fatmawati, Simpang Lima serta di kawasan objek wisata Sport Center, pantai Panjang. Sementara itu, untuk 7 Pospam, yakni di Lingkar Barat, Pantai Zakat, Teluk Sepang, Depan Hotel Bugenvil, Pasir Putih, depan Hotel Bidadari, serta belakang Hotel Horison.

Alat Berat Stanby di 4 Titik Rawan Longsor
Sementara itu, menaggapi hal-hal yang tak diinginkan berupa tanah longsor yang sering terjadi. Jajaran Polda juga telah menyiapkan pos pengamanan dan sudah berkoordinasi dengan pihak PU (Pekerjaan Umum) untuk menyediakan alat berat di kawasan tersebut. Diantaranya di daerah Taba Penanjung, Bengkulu Tengah, Air Pungur, Mukomuko, di Ketahun Kabupaten  Bengkulu Utara, serta Pospam Seranjangan di Kabupaten Kaur.
“Setiap titik rawan longsor kita siapkan alat berat dari PU beserta operatornya. Ini dilakukan untuk tetap menjaga kelancaran di jalan raya,” demikian Joko.(135)