Kepala OPD Harus Lobi Kementerian Cari Dana Untuk Pembangunan

BengkuluKEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dijajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang harus piawai mencari sumber anggaran di kementerian. Agar pelaksanaan program kerja Bupati Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM dan Netti Herawati SSOs dapat terealisasi sesuai dengan program yang ditawarkan kemasyarakat kala berkampanye.

Bupati menginstruksikan kepala dinas atau badan supaya dapat mengetahui program-program anggaran dimasing-masing kementerian. Bila program kerja kementerian tersebut dapat direalisasikan diwilayah Kabupaten Kepahiang maka Kadis wajib memperjuangkan anggaran itu supaya dilaksanakan dibumi sehasen. “Tugas Kepala OPD itu mengetahui program-program Kementerian, pahami program itu kemudian tarik kedaerah kita,” tegas Bupati.

Dayat menyebutkan bila tugas OPD dan ASN dijajaran dinas luar (DL) ke Jakarta ataupun daerah-daerah lainnya diluar Bengkulu adalah untuk mengetahui program-program pemerintah pusat terutama melalui kementerian-kementerian. “Bila program bisa dilaksanakan didaerah maka dilobi kementerian itu agar dapat dilaksanakan didaerah kita,” ujar Bupati.

Bupati menegaskan bila daerah-daerah lain bisa meningkatakan anggaran diluar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Maka tidak ada alasan bagi OPD dijajaranya tidak bisa mencari sumber-sumber anggaran lain dikementerian. “Ya pejabat DL itu bukan untuk jalan-jalan, harus ada hasilnya dengan bisa menarik anggaran dikementerian itu,” tutup Bupati. (320)