Kenalkan Riverboarding dan Wisata Sungai

624945b8e5d25aaf8740b7d79680dbec_XL

ARMA JAYA, BE – Riverboarding merupakan olahraga berselancar di sungai dan mulai berkembang pesat di Indonesia. Di Indonesia bahkan sudah pernah diselenggarakan kejuaraan dunia Riverboarding tahun 2013 lalu, tepatnya di Sungai Citarum, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Melihat potensi sungai di Kelurahan Kemumu, Kecamatan Arma Jaya yang aliran airnya deras, membuat Deky Septian Anriki mencoba memperkenalkan olahraga Riverboarding ini kepada masyarakat. Riverboarding sendiri mungkin masih asing bagi masyarakat di BU, karena ini yang pertama kali di Bengkulu Utara bahkan mungkin yang pertama di Provinsi Bengkulu.

“Jika ditanya mengapa memperkenalkan olahraga ini sebenarnya tujuannya untuk menambah pilihan masyarakat jika berkunjung ke air terjun palak siring sekaligus promisi potensi wisata. Apakah ingin menikmati air terjun, bendungan belanda, bungai bangkai, bunga Rafflesia atau menelusuri sungai menggunakan riverboarding ini. Untuk Provinsi Bengkulu, kita dari Kabupaten Bengkulu Utara mungkin yang pertama memperkenalkan olahraga selancar sungai ini. Masyarakat pun merespon positif olahraga ini,” kata Deky.

Lanjut Deky, olahraga Riverboarding ini bisa dinikmati siapa saja, asalkan di daerah mereka terdapat sungai. Terlebih sungai tersebut memiliki arus deras yang baik dan stabil. Menggunakan board atau papan khusus, helm, pelampung, deker dan kaki-katak. Fungsi dari kaki katak sendiri untuk mengendalikan board.

“Di atas papan bord kita bisa meluncur dan berbelok melewati jeram, keasyikan lain melakukan olahraga ini tentunya bisa menikmati dan berpetualang sembari menyusuri sungai,” imbuh Deky yang merupakan Ketua Karang Taruna Kelurahan Kemumu, Kecamatan Arma Jaya tersebut.

Deky memperkenalkan riverbording awal tahun 2016 ini, tempat untuk bermain Riverboarding di Objek Wisata Alam, Air Terjun Palak Siring, Kelurahan Kemumu, Kecamatan Arma Jaya. Pengelolaan masih swadaya, belum membentuk kelompok. Saat ini Deky dan beberapa rekannya masih fokus untuk mempromosikan wisata melalui Riverboarding ini. Dengan promo wisata melalui olahraga Riverboarding, Deky berharap Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa lebih sejahtera dengan memanfaatka peluang dari riverboarding ini.

“Semoga olahraga yang baru kita kenalkan semakin diterima masyarakat luas dan Kabupaten Bengkulu Utara semakin dikenal potensi wisatanya selain rafflesia, air terjun dan bunga bangkai serta wisata lainnya, salam sejajar,” demikian Deky mengakhiri. (167)