Kemenkumham Bakal Buka Lowongan CPNS

SERAHKAN: Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, memberikan secara simbolis SK CPNS Kemenkumham Bengkulu, kemarin (22/1).
SERAHKAN: Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, memberikan secara simbolis SK CPNS Kemenkumham Bengkulu, kemarin (22/1).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 260 orang putra putri Bengkulu yang telah dinyatakan lulus sebagai Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bengkulu, resmi penerima sertifikat atau Surat Keputusan (SK) sebagai CPNS, kemarin (22/1).

Mereka akan ditugaskan di semua Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) yang ada di Provinsi Bengkulu (lihat grafis).

Dari 260 orang itu, 240 orangnya adalah lulusan SMA dan 20 orangnya dari lulusan serjana. Tidak semua ditugaskan di Lapas dan Rutan, 8 orang CPNS ditugaskan sebagai pembimbing kemasyarakatan, 11 orang sebagai analisis Keimigrasian dan 1 orang sebagai perawat.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Ilham Djaya, SH, MH, M.Pd. mengatakan, meski telah mendapatkan 260 orang CPNS baru, namun untuk di wilayah Kemenkumham Bengkulu masih membutuhkan CPNS.

Rencananya, tahun 2018 ini Kemenkumham RI bakal kembali melakukan membuka lowongan CPNS.

“Informasinya tahun ini. Tapi belum tahu kapan akan dibuka,” terang Ilham kepada Bengkulu Ekspress usai memberikan surat keputusan CPNS Kemekumham di Gedung Serbaguna (GSG) Pemprov Bengkulu, kemarin (22/1).

Ilham mengakui, Kemenkumham Bengkulu masih kekurangan tenaga hukum. Sebab, yang direkrut tahun 2017 lalu itu hanya untuk tenaga teknis di Lapas dan Rutan. “Tenaga hukum kita masih sangat kekurangan,” paparnya.

Untuk kuotanya, ia mengaku belum mengetahui berapa yang ada di dapatkan untuk Bengkulu. Sebab, mengenai kuota itu yang menentukan adalah Kemenkumham RI.

“Masih ada kesempatan bagi masyarakat, jadi kita tunggu saja kalau memang tahun ini bisa dibuka,” tambahnya.
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA mengatakan,  petugas Lapas dan Rutan yang baru harus benar-benar memilik kejeliaan dalam menjalankan tugasnya. Sebab, tugas yang diberikan itu cukup berat sebagai CPNS baru, yaitu membimbing orang-orang yang bermasalah dengan hukum.

“Objek masyarakat binaan itu harus dimanusiawikan. Bagaimana orang dengan posisi jatuh itu bisa dibangkitkan lagi,” terang Rohidin.

Banyak pemuda pemudi yang lulus dalam CPNS ini membuktikan ESDM di Bengkulu memang memiliki daya saing yang tinggi.

“Orang masih beranggapan PNS itu menjadi derajat sosial yang tinggi. Bahkan orang tua seolah-olah kalau anaknya belum PNS belum bekerja. Padahal banyak pekerjaan yang lebih besar penghasilannya. Nah, untuk itu apa yang telah didapatkan ini harus benar-benar disyukuri,” tutup Rohidin. (151)

 

PEMBAGIAN TUGAS CPNS KEMENKUMHAM BENGKULU

WILAYAH JUMLAH
Lapas Kelas IIA Bengkulu 41 orang
Lapas Kelas IIA Curup 33 orang
Lapas Kelas IIB Argamakmur 21 orang
Rutan Kelas IIB Bengkulu 18 orang
Lapas Perempuan Bengkulu 54 orang
Lpasan Pembinaan Khusus Anak 54 orang
Rutan Kelas IIB Manna 19 orang