Keluhan Warga Talang Empat, Nihil

BENTENG, BE – Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Talang Empat, Bengkulu Tengah (Benteng) mengimbau warganya untuk membuat laporan secara resmi jika ada keluhan terkait aktifitas PT Palmamas.
Dijelaskan Pjs Kades Talang Empat Alim Jaya selama 5 bulan terakhir belum mendapatkan laporan tertulis mengenai keluahan masyarakat akibat asap yang ditimbulkan oleh perusahaan pengeloan sawit didesa tersebut. “Kita tidak tahu kalau laporan masyarakat sebelum saya menjabat. Karena itu masih tanggung jawab kades sebelumnya, sampai sekarang belum ada laporan masyarakat,” ujarnya.
Alim mengatakan, keberadaan perusahaan memang didukung warga Talang Empat. Sebab dengan adanya perusahaan tersebut membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. “Kalau yang berkerja di PT Palmamas hampir seluruh warga desa kita,” sebutnya.
Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Muslim mengungkapkan, ada sebagai kecil warga Talang Empat yang mengeluhkan dampak dari aktifitas PT Palmamas. Itupun dilakukan oleh warga yang tidak berkerja diperusahaan bersangkutan. Pun demikian warga yang mengeluhkan tersebut tidak berna melaporkan secara terbuka karena takut menjadi dimusuhi oleh warga lainya. Sehingga sebagian orang itu hanya berani protes secara diam-diam.
“Diakui memang ada yang mengeluhkan asapnya tetapi mereka tidak berani terang-terangan melakukan protes,” sebutnya. (320).