Rabu, 5/12/2012 - 09:30 WIB
Berita Utama | beonline - Bengkulu Ekspress

Kelompok Binaan DKP Provinsi Harumkan Nama Bengkulu

BENGKULU, BE - Kemenangan yang diraih kelompok binaan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu, Mandiri Berkah, pada Lomba Gerakkan Nasional Masyarakat Peduli Industrialisasi Perikanan (Gempita) tingkat nasional di Jakarta telah mengharumkan nama Bengkulu. Kemenangan ini berhasil diraih setelah melewati kompetisi yang ketat antara 2.847 Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di seluruh Indonesia. Demikian diungkapkan Kepala DKP Provinsi Bengkulu Ir Bismalinda MSi kepada wartawan BE, kemarin.

“Alhamdulillah, kita semua bersyukur. Keberhasilan yang diraih oleh kelompok Mandiri Berkah ini adalah hasil dari suatu proses yang panjang, melalui beberapa tahapan penilaian yang sangat ketat. Mulai dari presentasi, public hearing, debat, dan performance. Kepada Kelompok Mandiri Berkah kita bangga. Mereka telah mengharumkan nama Bengkulu,” ujar wanita yang akrab disapa Linda tersebut.
Kelompok Mandiri Berkah, lanjut Linda, terpilih setelah sebelumnya menjadi wakil Sumatera di tingkat nasional yang berhasil mengungguli Kelompok Tiga Raja dari Bangka Belitung dan Kelompok Pandan Serumpun dari Sumatera Barat pada tingkat Regional I Kepulauan Sumatera. Kelompok yang beralamatkan di Jalan Bumi Ayu 8 RT 10 Selebar ini kemudian di tingkat nasional berhasil menyisihkan Kelompok perwakilan dari Jawa Tengah dan Kalimantan Barat. Atas prestasinya ini, Mandiri Berkah akan mendapatkan hadiah berupa plakat dan piagam penghargaan.

“Hadiah akan diserahkan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sharif C Sutardjo pada Hari Nusantara tanggal 16 Desember mendatang di Nusa Tenggara Barat. Prestasi membanggakan ini akan kita pertahankan. Kita dari Dinas Perikanan dan Kelautan bertekad untuk membina dan mendampingi lebih banyak ‘Mandiri Berkah-Mandiri Berkah’ yang lain,” ujar Linda yang saat itu didamping oleh stafnya, Ir Fatmawati.

Mengenai hal ini, Ketua Kelompok Mandiri Berkah Anton Hericahyanto menjelaskan, saat tampil Mandiri Berkah didelegasikan oleh Ibrahim, Suhartono, Masrur Mualif dan dirinya sendiri sebagai ketua. “Kita masuk final ini tentunya berkat doa, usaha, dan kerja keras dari seluruh anggota. Serta bimbingan dan dukungan yang telah diberikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu dalam hal ini Ibu Bismalinda serta Penyuluhan dan pendamping juga dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu dalam hal ini Pak Suwarno,” katanya.

Mandiri Berkah sendiri terbentuk karena kesamaan persepsi diantara 12 orang anggotanya untuk meningkatkan taraf hidup kesejahteraan mereka. Saat tampil sebagai juara, kelompok yang dapat menghasilkan sekitar 70 hingga 80 ton ikan lele per tahun ini merupakan satu-satunya kelompok pokdakan murni. Sementara yang lain merupakan kelompok yang terdiri dari Usaha Kecil Menengah dan Koperasi. (cw1/adv)

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved