Kecamatan Semidang Lagan Segera Diresmikan

Hendri Donal
Hendri Donal

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Peresmian kecamatan baru di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), yakni Kecamatan Semidang Lagan nampaknya akan segera dilakukan.
Setelah mendapatkan surat persetujuan dari Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (DAK) Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), nomor register rencana peraturan daerah (Raperda) pembentukan Kecamatan Semidang Lagan akhirnya diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Beberapa hari yang lalu, saya bersama Kabag Pemerintahan dan Kabag Hukum Setda Pemkab Benteng telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi. Alhasil, nomor register kecamatan Semidang Lagan sudah keluar,” ungkap Asisten I Setda Pemkab Benteng, Drs Hendri Donal SH MH, kemarin (6/1).
Setelah itu, jelas Hendri Donal, Pemda Benteng tinggal lagi mengundangkan Raperda pembentukan Kecamatan Semidang Lagan dan melakukan peresmian.

“Peresmian akan segera kita lakukan setelah raperda kita undangkan,” imbuhnya.
Lebih lanjut Hendri Donal menyampaikan, bahwa Pemda Benteng telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 700 juta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Benteng tahun 2018 untuk pelaksanaan kegiatan di kecamatan baru tersebut.

Tak hanya dari segi anggaran, pihaknya juga akan menyiapkan sarana dan prasarana yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh aparatur sipil negara (ASN) yang mengabdi di kecamatan baru. Dimulai dari kendaraan operasional hingga muebeler.

“Kita juga telah menyiapkan anggaran untuk pengadaan mobil dinas (mobnas) khusus untuk operasional Camat Semidang Lagan,” tandasnya.

Sementara itu, ketika ditanya mengenai pejabat yang nantinya akan memimpin kecamatan Semidang Lagan, Hendri Donal belum bisa membeberkan secara gamblang.

Pasalnya, penunjukan Kecamatan serta pejabat ditingkat kecamatan merupakan kewenangan penuh dari Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH selaku penjabat pembina kepegawaian (PPK).

“Setelah diresmikan, Bupati akan langsung menunjuk PNS yang akan menjabat sebagai Camat Semidang Lagan. Karena belum memiliki kantor, sementara waktu kegiatan pemerintahan akan dilaksanakan di bekas (eks) kantor Desa Lagan Bungin,” demikian Hendri Donal. (135)