Sabtu, 20/04/2013 - 17:04 WIB
Lebong Ekspress | redaksi - Bengkulu Ekspress

KBR 2013 Rp 2 Miliar

TUBEI,BE РDinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebong tahun ini mendapat program Kebun Bibit Rakyat (KBR) senilai Rp 2 miliar untuk 40 kelompok tani (poktan). Dengan demikian, setiap kelompok tani akan mendapatkan Rp 50 juta untuk kegiatan persemaian penanaman bibit yang ditanam di areal lahan perkebunan milik warga. Kepala Dinas Kehutanan dan perkebunan Kabupaten Lebong Fakhrurrozi SSos MSi melalui Kabid Konservasi dan Rehabilitas Hutan, Edi Mardianto SH mengatakan jika KBR yang diterima dari Dishutbun tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya, di lokasi berbeda. Pada tahun sebelumnya Lebong hanya mendapatkan bantuan untuk KBR sebanyak 20 kelompok tani, sedangkan pada tahun ini sebanyak 40 kelompok. Menurutnya, KBR itu sendiri merupakan program prioritas Kementrian Kehutanan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2010, guna menyiapkan bibit berkualitas dalam jumlah yang cukup. Kebun Bibit Rakyat merupakan persemaian sementara yang lokasinya dekat dengan areal lahan milik warga.

“Pelaksana kegiatan ini adalah kelompok masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani atau koperasi. Program ini berasal dari Kementerian Kehutanan RI, dalam hal ini Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Provinsi Bengkulu. Untuk kelompok yang mengusulkan ada sekitar 70 an kelompok, tapi setelah diseleksi kuota hanya 40 kelompok,” jelas Edi.¬†Dikatakan Edi, sesuai dengan usulan petani, bibit yang di minta ada dua jenis dan menjadi prioritas yakni bibit pohon Sengon dan bibit perkebunan Karet. Sementara itu, dari total anggaran sebesar Rp 2 M, maka setiap kelompok tani akan mendapatkan bantuan dengan total sebesar Rp 50 juta. “Jadi nanti 40 kelompok itu masing-masing akan mendapatkan bantuan dengan total Rp 50 juta. Mudah-mudahan bantuan tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dan tepat sasaran,” pungkasnya.(777)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


4 × lima =

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved