Kaur Usul 1.500 CPNS

Guru dan Tenaga Kesehatan Prioritas

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD dan PSDM) Kaur, Drs. Yusirwan, MM
Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD dan PSDM) Kaur, Drs. Yusirwan, MM

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur, saat ini tengah menunggu dibukanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) oleh Pemerintah Pusat. Jika hal itu terjadi, Pemkab Kaur melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD dan PSDM) Kaur telah menyiapkan tiga formasi yakni tenaga pendidik, kesehatan dan tenaga infrastruktur yang menjadi prioritas dalam penerimaan CPNS tahun 2018 ini.

“Ya kalau ada pembukaan CPNS tahun 2018 ini kita hanya mengusulkan tiga formasi saja, yakni tenaga kesehatan, guru dan tenaga infrastruktur, tapi yang jadi prioritas kita guru dan tenaga kesehatan,” kata Kepala BKD dan PSDM Kaur, Drs. Yusirwan, MM, beberapa hari lalu.

Dikatakan Yusirwan, berdasarkan analisis beban kerja dan analisis jabatan, Pemkab Kaur kini membutuhkan sekitar 1.500 PNS. Sehingga ditahun 2018 ini BKD dan PSDM Kaur mengusulkan 1.500 CPNS dengan tiga formasi dengan komposisi 40 persen tenaga kesehatan, 30 persen tenaga pendidikan dan 30 persen tenaga infrastruktur. Sehingga diharapkan usulan itu akan disetujui untuk mengisi kekosongan PNS di Kaur.

“Kalau sesuai Anjab kita butuh 1.500 PNS. Sedangan total PNS kita sekarang ini sekitar 3.116 orang, dan ini belum lagi mau pensiun tahun 2018 ini,” terangnya.

Ditambahkannya, ia saat ini belum bisa memastikan apakah usulan ini nantinya dapat diterima KemenPAN-RB atau tidak. Namun saat ini Pemkab Kaur masih memiliki peluang besar untuk melakukan perekrutan CPNS karena belanja pegawai Pemkab Kaur masih dibawah 50 persen dari total APBD. Untuk itu ia berharap pemerintah pusat bisa membuka penerimaan CPNS ditahun 2018 ini.

“Belanja pegawai kita ini baru sekitar 40 persen dari APBD, dan secara aturan kita masih boleh merekrut CPNS. Mudah-mudahan jika ada pembukaan CPNS tahun ini nanti kekurangan PNS Kaur khususnya guru dan tenaga kesehatan teratasi,” jelasnya. (618)