Karnaval Batik Besurek Internasional Dimulai, Puluhan Ribu Warga Padati Simpang 5

Karnaval Batik Besurek Internasional Dimulai, Puluhan Ribu Warga Padati Simpang 5BENGKULU, bengkuluekspress.com – Karnaval Batik Besurek Bengkulu taraf Internasional Rabu (06/12/17) yang digelar di kawasan Simpang 5 Kota Bengkulu dipadati oleh puluhan ribu warga Kota Bengkulu yang tumpah ruah ingin menyaksikan pawai kostum kreasi batik besurek yang setiap tahunnya selalu diwarnai dengan kreasi-kreasi yang menarik.

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan yang hadir langsung dalam karnaval batik pagi itu, dalam sambutannya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama melestarikan dan memperkenalkan batik besurek ke seluruh wilayah di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi satu, bersama-sama kita bagaimana kemudian batik besurek ini bukan hanya ada dihati masyarakat Bengkulu tetapi juga dikenal oleh seluruh lapisan anak bangsa di seluruh Indonesia. Dan kita bersyukur karena duta besar dari Iran, Kamboja dan Rusia dapat menghadiri karnaval batik kita kali ini. Oleh karena itu, mari kita semarakkan karnaval batik kita ini yang Insya Allah dari tahun ke tahun selalu semakin baik,” ujar Helmi Hasan.

Senada dengan Walikota Bengkulu, Kadis Pariwisata Kota Bengkulu, Syarifuddin juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, karnaval ini merupakan ajang pengenalan batik besurek ke berbagai daerah. Terlebih, dengan adanya tamu dari luar Kota Bengkulu diharapkan akan semakin meningkatkan ketenaran Batik Besurek.

karnaval“Ya hari ini yang datang masyarakat Bengkulu sekitar 60.000 orang ya, kita berharap Batik Besurek akan semakin dikenal diseluruh Indonesia bahkan dikenal oleh negara-negara lain. Apalagi hari ini ada duta besar yang diundang langsung oleh Bapak Walikota, ada juga kepala daerah atau perwakilannya dari beberapa daerah di luar Bengkulu seperti Semarang, Sawah Lunto Padang, Surabaya dan sebagainya. Kita berharap Batik Besurek bisa semakin tenar lagi,” ujarnya.

Selain itu, Syarifuddin juga menuturkan, karnaval ini sengaja melibatkan para pelajar di Bengkulu untuk menanamkan rasa cinta terhadap batik besurek, sehingga jika rasa mencintai itu ada maka tidak sulit untuk mengajak para generasi penerus itu untuk menjaga kelestarian Batik Besurek. (adv/ibe)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*