Kapolres : Pemberitaan Harus Tabayyun

Kapolres BU, AKBP Ariefaldi Warganegara SH SIK MM, Waka Polres, Kompol Eko Sisbiantoro SIK serta jajaran bersama awak media dalam acara ramah tamah Polres BU, di salah satu cafe di Kecamatan Kota Arga Makmur, kemarin (6/2).
Kapolres BU, AKBP Ariefaldi Warganegara SH SIK MM, Waka Polres, Kompol Eko Sisbiantoro SIK serta jajaran bersama awak media dalam acara ramah tamah Polres BU, di salah satu cafe di Kecamatan Kota Arga Makmur, kemarin (6/2).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP Ariefaldi Warganegara SH SIK MM meminta awak media memberikan informasi kepada masyarakat yang bersifat tabayyun, jelas dan tegas. Untuk itu, hindari berita hoax dan tidak memberikan edukasi terhadap masyarakat.

‘’Sajikan pemberitaan yang sejuk dan tenang. Jangan beritakan sesuatu yang tidak jelas atau hoax. Informasi yang disajikan harus mengedukasi masyarakat dan bersifat tabayyun,’’ ujar Kapolres ditemui BE usai acara ramah tamah bersama awak media di salah satu cafe di Kecamatan Kota Arga Makmur, kemarin (6/2).
Kapolres sangat terbuka terhadap segala informasi apapun yang dibutuhkan awak media. Bahkan, media dapat mengikuti segala kegiatan Polres sehari-hari. Karena, kegiatan Polres cukup banyak dan membutuhkan sinergitas dengan media.

‘’Kegiatan kita cukup banyak. Mulai dari pagi hingga pagi lagi. Karena kita inginkan masyarakat Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah, benar-benar merasa aman dan nyaman. Silakan kalau media ingin ikut meliput,’’ ungkapnya.

Disamping itu, Kapolres juga menyampaikan agar setiap pemberitaan yang akan disajikan untuk dapat dikroscek ke Polres. Baik melalui Kapolres langsung, Waka Polres, para Kabag maupun Kasat agar informasi yang disajikan berimbang.

‘’Silakan mau konfirmasi atau klarifikasi apa saja sama saya. Atau bisa juga langsung ke Waka, Kabag dan Kasat, kita semuanya sangat terbuka,’’ terangnya.
Kapolres meminta agar para wartawan dapat melaksanakan tugas secara profesional untuk membangun masyarakat, membangun daerah dan memberikan kontribusi positif bagi semua kalangan.

‘’Lakukanlah tugas kewartawanan secara profesional. Untuk itu, rekan-rekan diharapkan jangan mudah terpancing untuk membuat pemberitaan yang sifatnya mengarah pada provokatif,’’ tuturnya.
Kapolres juga mengharapkan seluruh media yang ada di Kabupaten BU dan Benteng untuk bersama-sama membangun daerah serta bersinergi dalam segala informasi, laporan ataupun permasalahan.

‘’Jaga sinergitas yang telah terjalin dengan baik ini. Mari kita bersama- sama membangun daerah ini. Apalagi, media harus menjadi penyeimbang dalam pemerintahan,’’ pungkasnya. (816)