Kapan Saatnya Anda Harus Mencuci Tangan?

pdam_air_keranApakah Anda sudah mencuci tangan pada hari ini? Pertanyaan tersebut mungkin tidak pernah terlintas dalam pikiran Anda karena masalah cuci tangan adalah masalah yang tidak banyak orang yang memperdulikannya.

Pada umumnya banyak orang yang langsung mengonsumsi makanan dan minuman tanpa mencuci tangan terlebih dahulu tanpa memperdulikan bahwa kondisi tangan yang dipergunakan mungkin dalam kondisi yang tidak bersih.

Untuk kegiatan mencuci tangan ada waktu-waktu yang tepat dan ideal agar optimal dalam menjaga kesehatan Anda, seperti dilansir laman India Times, Selasa (27/10).

1. Sebelum makan

Yang satu ini adalah yang paling penting. Mencuci tangan sebelum makan sangatlah penting karena jari Anda pasti telah menyentuh sesuatu yang tentunya mengandung kuman atau bakteri.

2. Sebelum Anda memasak makanan

Semua kuman ada ditangan Anda karena Anda telah menyentuh bahan makanan yang akan Anda masak, seperti daging atau ikan mentah.

3. Setelah menggunakan kamar mandi

Kotoran mengandung banyak kuman yang bisa membuat Anda jatuh sakit. Ketika Anda menyiram toilet, tetesan air yang mengandung kuman terpapar mulai dari pintu, gagang pintu hingga wastafel. Jadi, kecuali jika Anda ingin kuman kotoran tetap di tangan Anda ketika Anda meninggalkan kamar mandi, pastikan Anda mencuci tangan Anda. Jangan lupa untuk menggunakan banyak sabun.

4. Setelah Anda bersin dan batuk

Ketika Anda sakit, itu karena bakteri atau virus telah menyerang kekebalan tubuh Anda. Setiap kali Anda bersin dan batuk, Anda menyebarkan kuman ini kesekitar Anda. Lebih baik saat Anda batuk Anda menghalangi penyebaran kuman dengan menggunakan sapu tangan atau tangan dan cuci tangan Anda setelah itu. Jika tidak, kuman di tangan Anda menyebar ke segala sesuatu yang Anda sentuh.

5. Setelah membuang sampah

Sampah mulai membusuk dan proses tersebut melibatkan banyak bakteri dan kuman. Meskipun Anda mungkin tidak menyentuh sampah secara langsung, tempat sampah dan kantong sampah plastik memiliki banyak kuman.

6. Setelah mengganti popok atau membantu anak Anda menggunakan toilet

Ingat apa yang kita katakan tentang kuman di kotoran pada awal artikel? Sama berlaku untuk kotoran anak-anak Anda.(fny/jpnn)