Jumat, 8/03/2013 - 10:52 WIB
TKP | beonline - Bengkulu Ekspress

Kapal Cargo Terbakar

3.Kapal Bien NamBENGKULU,BE- Situasi di Pelabuhan Pulau Baai kemarin siang heboh. Salah satu kapal yang sedang melepas jangkar di tengah kolam pelabuhan Pulau Baai sekitar pukul 12.00 WIB terbakar. Yaitu Kapal Cargo bernama Lambung Bien Nam.
“Kami belum mengetahu pasti penyebab kebakaran tersebut, namun berdasarkan informasi yang kami dapat kebakaran tersebut berada di Anjungan dan ruangan yang dibawah Anjungan,” terang Manager Operasional Pelindo Bengkulu Capt Santoso MM.

Kapal Bien Nam itu terbakar akibat mengalami kerusakan mesin. Kerusakan mesin tersebut sudah terjadi sekitar 7 bulan lalu. Kapal itu  saat kejadian sedang menempuh perjalanan untuk Docking (perbaikan). Rute perjalanannya  dari Pelabuhan Teluk Bayur, Padang menuju Pelabuhan Merak Banten. Namun dalam perjalanannya saat berlayar di perairan laut Bengkulu mesinnya rusak.

Atas insiden itu nahkoda kapal meminta izin melepas Jangkar di pelabuhan Pulau Baai. Saat lepas jangkar inilah kapal terbakar. Api cepat  menyambar dan membesar di kapal itu. Bahkan kepulan asapnya yang menghitam bisa terlihat dari kejauhan.

“Kebakaran bukan berasal dari mesin namun diduga karena konsleting listrik di anjungan kapal,” tambah Santoso
Mengetahui Kapal Bien Nam mengalami kebakaran, Santoso langsung mengintruksikan Kapal Raflesia dan Madelin membantu memadamkan api. Berikutnya satu unit kapal dari Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Bengkulu pun turun membantu mengatasi kebakaran kapal itu. Api baru bisa dijinakkan sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapal Bien Nam. yang terbakater memiliki panjang sekitar 90 meter, dengan lebar sekitar 15 meter. Kapal ini berkapasitas besar,bisa membawa muatan barang hingga 6 ribu ton. Atas insiden ini agen pelayaran diminta segera memperbaiki kapal tersebut. Agar kapal itu  dapat melanjutkan perjalanannya  ke Pelabuhan Merak. Bila tak segera diperbaiki dikhawatirkan kapal tersebut bisa mengganggu kapal lain yang hendak sandar di Pelabuhan Pulau Baai.

Begitu mengetahui ada kapal terbakar diwilayah hukumnya,  Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Pulau Baai Bengkulu, AKP Amsaludin mewakili Kapolres Bengkulu AKPB Joko Suprayitno,SST,MK turun langsung membantu pemadaman. Kebakaran berasal dari ruang kapten kapal. Namun Amsaludin mengatakan belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut.Beruntung saat kejadian kapal dalam kondisi kosong. Sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Saat kebakaran berlangsung, 5 orang ABK (Anak Buah Kapal) yang menjaga kapal tersebut sedang tidak ada ditempat. Sedangkan sang kapten kapal sedang berada dijakarta.”Saat ini kita sedang melakukan penyidikan penyebab kebakaran tersebut. Kerugian pun belum bisa kita pastikan angkanya,” terang Asmaludin.(251)

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. TONY SARAGIH mengatakan:

    Terima kasih bapak atas pemuatan berita kapal ini terbakar , yang mana kami yang dirugikan PT. ORA ET LABORA TONY AND SONS , di Jakarta kehilangan kapal MV. BIEN NAM . tersebut sejak tgl 05 Augustus 2012 dari Pelabuhan Teluk Bayur di bawa lari /kabar oleh Pihak Capt Muslim Cs (Warga Indonesia ) dan Hlamin Cs ( Warga Myanmar ) yang mana kasus nya sekarang masih dalam proses penyidikan pihak Reskrim POLDA METRO JAYA, saya yang bertanggung jawab / pemilik .TONY SARAGIH

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


empat × = 36

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved