Kanwil Kemenag Gelar Lomba Masjid

penilaian masjid
BENTENG, BE – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menggelar pemilihan Masjid terbaik tingkat Provinsi Bengkulu. Nantinya, masjid terpilih akan mewakili Provinsi Bengkulu ke perlombaan tingkat nasional.
Penilaian terus dilaksanakan dimasing-masing masjid mulai tingkat Kabupaten hingga nantinya dipilih 3 terbaik untuk pemenang tingkat Provinsi. Dijelakaskan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Dr H Suardi Abas SH MH perlombaan masjid terbaik ini guna memotivasi managemen pegurus masjid untuk menyiapkan rumah ibadah secara optimal sehingga pembangunan masjid semakin membaik setiap tahunya.
“Ini program kita nantinya yang terbaik nomor satu akan menjadi wakil Provinsi Bengkulu untuk mengikuti lomba tingkat nasional,” ucap Suardi Abas.
Menurut Suardi Abas, kini sudah ada penilaian tingkat kabupaten diempat wilayah, seluruh masjid yang direkomendasikan oleh daerah akan dinilai oleh tim penilain yang dibentuk oleh Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. Sehingga nantinya akan didapat perwakilan masing-masing kabupaten untuk mengikuti perlombaan pemilihan masjid
terbaik tingkat provinsi.
“Masing-masing daerah akan dipilih satu untuk perwakilan tingkat provinsi. Di tingkat
provinsi nantinya akan diambil 3 terbaik kemudian yang nomor satu akan mewakili Bengkulu ketingkat nasional,” katanya.
Disebutkannya dalam beberapa tahun keikut sertaan Provinsi Bengkulu dalam ajang nasional pemilihan masjid terbaik belum pernah menembus 10 besar. Untuk itu dengan penilaian yang cermat dan persiapan matang diseluruh daerah diharapkan tahun ini Bengkulu dapat berbicara banyak ditingkat nasional. Sementara itu ketua tim penilaian masjid terbaik H Rahman Yasin ada tiga kriteria utama yaitu masalah managemen, kemudia ibadah serta pembangunan masjid. Sehingga setiap pengurus masjid harus memiliki rancangan jelas mengenai program pembangunan rumah tuhan tersebut.
“Kita sangat fokus dalam memberikan penilian sesuai dengan kriteria penilaian yaitu managemen, ibadanya dan pembangunan,” ungkap Rahman.

Berpeluang
Sementara itu, Masjid Jami’atul Khair Kelurahan Taba Penanjung Kecamatan Taba Penanjung Bengkulu Tengah yang menjadi salah satu wakil Benteng dalam perlombaan masjid terbaik tingkat Provinsi Bengkulu dinilai berpeulang besar. Karena Masjid tersebut sudah memiliki managemen pengurus yang baik dengan memiliki perekonomian syariah didalam kepengurusan masjid megah milik masyarakat Taba Penanjung tersebut.
“Ekonomi syariah yang bagus menjadi nilai lebih. Ini baru penilaian tingkat Kabupaten Masjid ini salah satunya kita akan lihat lagi untuk masjid lainya,” tutup Rahman. (320)