Kantor Walikota Bengkulu Siap Dibangun

BENGKULU, BE – Upaya Pemerintah Kota Bengkulu untuk mendirikan Kantor Walikota yang baru di Kompleks Perkantoran Bentiring terus dilaksanakan. Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Bengkulu, M Dani SH, memastikan bahwa proses negoisasi pembebasan lahan di Kompleks Perkantoran Bentiring telah dituntaskan.

“Sebelumnya memang sempat terganjal karena ada satu bidang lahan yang negoisasinya cukup alot. Tapi sekarang sudah ada titik temu. Pemilik lahan sudah sepakat memberikan persetujuan bagi proses land clearing yang mulai dilakukan barusan,” katanya.

Kepala Lurah Bentiring, Herlina SIP, membenarkan hal tersebut. Ia menyatakan, sebelum lahan dimatangkan, tidak ada warga yang keberatan atau mengajukan penolakan terhadap rencana pendirian Kantor Walikota tersebut.

“Tadi sudah kami tinjau bersama Bapak Asisten I Setda Kota, Drs Hilman Fuadi MM. Bersama beliau, kami ikut serta memantau langsung proses land clearing lahan ini. Baik warga yang menghuni lahan ini, maupun warga yang mengklaim memiliki lahan disini semua sudah tidak ada lagi yang keberatan,” sampainya.

Sementara Pelaksanatugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu, Ir Nuryansyah, mengatakan, setelah pematangan lahan ini, pihaknya akan segera memulai proses pembangunan Kantor Walikota. Ia menyatakan, tidak ada kendala yang berarti dalam memulai proses pembangunan ini.

“Dana yang sudah disiapkan sebesar Rp 36 miliar. Tender mulai kita laksanakan pada bulan Maret 2015 mendatang. Sehingga pada tahun 2016 nanti Kantor Walikota setinggi 3 lantai ini sudah bisa digunakan,” singkapnya.

Dikatakan Nuryansyah, dengan di bangunnya kantor walikota di kawasan perkantoran Bentiring tersebut, otomatis kantor yang lama di kawasan Simpang Lima akan dijadikan bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota yang tumbuh dan berkembang.

“Nantinya kantor walikota yang sekarang itu nanti dibuat kompleks Rumah Sakit kota, jadi nantinya bangunan Rumah Sakit akan luas dan ditata lebih bagus lagi. Karena pembangunan Rumah Sakit juga menjadi agenda prioritas utama Pemkot,” demikian Nuryansyah.

Untuk diketahui, pembangunan gedung perkantoran dipusatkan di kawasan Bentiring sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 14/2012 tentang Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Kota Bengkulu tahun 2012-2023. Bahwa kawasan perkantoran terletak di Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu. (009/adv)