Kampanye Germas, Dinkes BS Sambangi Kecamatan

kampanye germas
ASRI/BE
FOTO BERSAMA: Dinas Kesehatan BS dan Puskesmas – Puskesmas menggelar foto bersama usai kampanye Germas kepada masyarakat.

KOTA MANNA, BENGKULU EKSPRESS – Dalam rangka mengajak warga Bengkulu Selatan (BS) hidup sehat, Dinas Kesehatan BS saat ini rutin menggelar kampanye gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dengan turun ke kecamatan – kecamatan.“Dalam rangka mengkampanyekan Germas, kami turun ke Kecamatan – kata Kepala Dinas Kesehatan BS, M Redhwan Arief S Sos MPH.

Dalam kampanye Germas, ada 6 Kecamatan dalam wilayah BS yang disambangi yakni Pino, Bunga Mas, Kedurang Ilir, Manna, Seginim dan Pino Raya. Pada setiap kampanye, pihaknya mengajak masyarakat rutin melakukan germas yakni rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit sehari, rutin mengkonsumsi buah dan sayur segar, juga rutin mengecek kesehatan minimal 6 bulan sekali. “ Dengan rutin melakukan aktivitas tersebut, maka kesehatan tubuh kita akan terjaga,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya mengajak warga rutin melakukan pola hidup sehat dengan rutin melakukan aktivitas fisik, makan sayur dan buah, kemudian tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan teratur, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. Terlebih lagi Kamis (14/12) sudah dilakukan Deklarasi Desa ODF atau stop BABS oleh 10 kepala desa di Desa Bandar Agung, Ulu Manna yakni Desa Air tenam dan Desa Bandar Agung Kecamatan Ulu Manna, Desa Batu Bandung dan Desa Padang Tambak Kecamatan Pino, Desa Lubuk Sirih ilir, Desa Kota Padang, Kelurahan Kayu Kunyit, ketiganya dalam Kecamatan Manna, DesaTanjung Menang Kecamatan Seginim dan Desa Gunung Kayo Kecamatan Bunga Mas dan Desa Sukaraja Kecamatan Kedurang. Bahkan pada tahun 2016 lalu ada 7 desa yang deklarasi stop BABS yakni Desa Padang Burnai dan Desa Tumbuk Tebing keduanya dalam kecamatan Bunga Mas, Desa Melao Kecamatan Manna, Desa Padang Lebar, Ulak Lebar dan Sebilo Kecamatan Pino serta Desa Batu Panco, Kecamatan Ulu Manna. “ Dengan stop BABS, juga dapat menjaga kesehatan kita dan keluarga serta lingkungan,” demikian Redhwan. (369/Prw)