Kamera Pengintai Diapresiasi Kapolda

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Berbagai terobosan dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di jalan lintas.
Salah satunya adalah dengan memasang kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) di 5 (lima) titik di beberapa kecamatan. Meliputi, di depan pasar Kelurahan Taba Penanjung Kecamatan Taba Penanjung, Simpang SPBU Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat, Simpang 3 Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa, depan kantor Bupati Benteng di Desa Ujung Karang Kecamatan Karang Tinggi dan di Desa Nakau Kecamatan Talang Empat.

“Alhamdulillah, informasi dan teknologi (IT) di Kabupaten Benteng saat ini sudah sangat berkembang. Beberapa ruas jalan yang dianggap strategis sudah dipasang kamera CCTV,” kata Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH saat launching penggunaan CCTV sekaligus teleconference dengan Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH MHum, kemarin (1/2).

Dengan adanya kamera CCTV ini, sambung Bupati, diharapkan kejahatan dan seluruh lalu lintas di jalan raya di Kabupaten Benteng bisa terpantau dan terekam secara langsung. Baik oleh Pemda Kabupaten Benteng, Polda Bengkulu dan Polres Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

“Aksesnya kami serahkan ke Polda Bengkulu. Aplikasinya mereka yang pegang,” tandas Bupati.
Senada disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Benteng, H Eri Astiansah MM melalui Kabid Kominfo, Lili Trianti MSi. Lili menerangkan, pengadaan CCTV ini dilakukan dengan menggunakan kucuran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Benteng tahun 2017 lalu. Ini sebagai bukti keseriusan dalam mendukung aparat penegak hukum (APH) mengawasi lalu lintas.
Menurut Lili, Pemda Kabupaten Benteng akan kembali menambah CCTV sebanyak 5 unit pada tahun 2018 ini.

“Melalui dana APBD Kabupaten Benteng tahun 2018 senilai Rp 200 juta, kita akan menambah CCTV sebanyak 5 unit lagi. Akan tetapi, lokasi pemasangannya belum bisa kita tentukan lantaran masih akan dibahas terlebih dahulu,” kata Lili.

Sementara itu, Kapolda melalui teleconference mengapresiasi Pemda Kabupaten Benteng yang telah memasang CCTV dan melakukan koordinasi melalui teleconference.

“Terkhusus di Provinsi Bengkulu, baru Pemda Kabupaten Benteng yang telah melakukan teleconference bersama Polda Bengkulu. Kami harap, ini bisa dicontoh oleh Pemprov, Pemkot dan Kabupaten lainnya. Kami berikan apresiasi kepada Pemda Benteng yang telah memasang kamera CCTV pada jalur lintas,” kata Kapolda. (135)