Kadinkes Akui Ambulance Dibawa Pulang

mobil-ambulance
foto: ilustrasi

AMEN,Bengkulu Ekspress – Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Amril Yudani SKM mengakui, saat ini masih terdapat beberapa mobil ambulance di Kabupaten Lebong dibawa pulang kepala puskesmas ke rumah mereka. Hal itu terjadi mengingat masih minimnya fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki puskesmas, misalnya seperti supir, perawat dan dokter untuk setiap ambulance.

“Makanya masih terdapat beberapa kepala Puskesmas yang membawa mobil ambulance pulang, tetapi tetap kita tekankan ketika dibutuhkan masyarakat ambulance harus siap melayani,” tegas Amril.

Amril pun mengakui mobil ambulance tidak diperbolehkan digunakan untuk keperluan pribadi dan dijadikan kendaraan dinas jabatan. Sesuai dengan fungsinya mobil ambulance digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi dengan adanya program ‘jemput sakit, pulang sehat’ yang saat ini digencarkan Pemkab Lebong melalui Dinas Kesehatan.

“Pada 2017 mulai kita tertibkan seiring dengan paengajuan dana pendukung untuk ambulance,” jelas Amril.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPRD Lebong Ahmad Lutfi menanggapi laporan masyarakat banyak mobil ambulance yang digunakan sebagai kendaraan dinas oleh pejabat dilingkup Dinkes Lebong.

“Kita sudah mendengar dari masyarakat mobil ambulance banyak digunakan sebagai kendaraan dinas oleh pejabat kabid, serta kepala Puskesmas dilingkup Dinkes,” ungkap Lutfi. (777)