Kades Diminta Laporkan Data Penduduk Tiap Bulan

rapat_pembahasan_raperda-01BENTENG, Bengkulu Ekspress – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkulu tengah (Benteng), Muzakir Hamidi SSos MM meminta agar seluruh kepala desa (Kades) merapikan catatan administrasi desa, khususnya di bidang kependudukan dan rupa bumi.

“Saya minta setiap Kades mencatat secara rinci siapa saja yang pindah, meninggal dunia dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi desa. Silakan laporkan setiap bulannya ke Bagian Pemerintahan Setda Pemkab Benteng,” pinta Sekda.

Tak hanya itu, Sekda juga meminta Kades segera membuat rupa bumi masing-masing desa. Sehingga dapat diketahui potensi, ancaman dan peluang yang ada di masing-masing desa. Selain itu, dengan adanya rupa bumi maka pemerintah pusat akan sangat cepat menyalurkan bantuan.

“Dari dulu rupa bumi ini sudah diminta, namun belum banyak yang menyerahkannya ke Pemda. Rupa bumi ini penting karena program yang kita susun di kementrian bisa singkron. Kemudian pihak pemerintah pusat juga dapat menyalurkan bantuan dengan cepat, sebab desa itu sudah terdaftar dalam kementrian,” tambahnya

Selain itu, mantan Sekretaris Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Benteng ini juga meminta camat dapat melakukan pembinaan pada pemerintah desa, khususnya dalam perumusan kebijakan desa. Sehingga produk hukum yang dihasilkan pemerintah desa (Pemdes) tidak bertentangan dengan aturan diatasnya.

“Camat juga harus proaktif turun ke bawah, jangan selalu berada di kantor. Lakukan monitoring dan pembinaan, sehingga desa kita benar-benar bisa maju,” tandas Sekda.(***)