Kades di Seluma 3 Bulan Belum Gajian

TAIS, BE – Terhitung dari bulan Januari hingga April tahun 2017 ini seluruh kepala desa (kades) dan perangkat desa di Kabupaten Seluma belum menerima gaji mereka. Pasalnya, seluruhnya perangkat desa dan kades tengah disibukkan dengan pembuatan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) untuk Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Kami dituntut untuk membuat APBDes, namun kami sendiri sudah tiga bulan belum menerima gaji, termasuk seluruh perangkat desa ini,” ujar salah seorang kades yang enggan namanya ditulis.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Seluma, Deddy Ramdhani SE,MSE MA Kepada BE membenarkan, bahwa kades di Seluma belum menerima gaji.

Ia mengaku, supaya kades bisa gajian, pihak BPKD telah mengusulkan ke Bupati Seluma agar khusus ADD bisa dikucurkan terlebih dahulu. Mengingat ini merupakan kebutuhan dari masing-masing kades dan perangkatnya.

“Guna mengatasi ini, kita usulkan ADD akan dikucurkan terlebih dahulu untuk kebutuhan kades dan perangkatnya. Sehingga bisa melaksanakan sejumlah kegiatan dan kebutuhan mendasar desa,” ujar Deddy, kemarin.

Untuk tahap awal ADD akan dikucurkan kurang lebih sebesar Rp 21 M, hanya saja tetap akan dikucurkan ke rekening desa masing-masing, sesuai dengan rekomendasi dari Bupati Seluma. Sedangkan untuk pencairan Dana Desa (DD) kurang lebih sebesar Rp 83 M tahap awal belum diketahui kapan akan dikirim ke rekening desa masing-masing. Mengingat sejumlah desa harus terlebih dahulu menyelesaikan APBDes mereka.(333)