Kades dan PPTKD Diberi Pelatihan

Kades dan PPTKD se- Kabupaten Lebong ketika mengikuti kegiatan pelatihan, kemarin (9/4).
Kades dan PPTKD se- Kabupaten Lebong ketika mengikuti kegiatan pelatihan, kemarin (9/4).

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Sebagai langkah nyata mewujudkan desa maju, sejahtera , mandiri terutama dalam sisi keuangan. Kepala Desa (Kades) dan Pejabat Teknis Pengelola Keuangan Desa (PPTKD) se-Kabupaten Lebong diberi pelatihan.

Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSi mengatakan, pihaknya saat ini terus berupaya meningkatkan kapasitas keuangan desa, baik melalui DD dan ADD. Sehingga mampu mengurus dan mengatur kepentingan masyarakat secara efektif.

“Namun kemampuan desa dalam mengelola dana yang didapat harus bisa dikelola sebaik mungkin, untuk itulah Kades dan PPTKD harus memahami bagaimana cara mengelola keuangan,” jelasnya, kemarin (9/4).
Menurutnya, jika keuangan desa dikelola dengan baik, maka kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan dalam pembangunan desa tidak akan bisa dilakukan secara optimal.

“Dimana hal tersebut harus didukung dengan data yang akurat, sehingga pengelolaan keuangan harus bisa dilakaukan oleh Sekdes dan PPTKD secara baik dan benar,” sampainya.
Ditambahkan Bupati, keuangan desa yang dikelola berdasarkan asas-asas transparan, akuntabel, partisipasif serta dilakukan dengan tertib sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa.

“Terutama mempersiapkan laporan keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tutur Bupati.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*