Kader KB Diberi Pembinaan

bppkb-kader-kb-kecamatan-taba-penanjung-saat-diberi-pembinaan
Bakti/Bengkulu Ekspress. Para kader KB Kecamatan Taba Penanjung saat mengikuti sosialisasi, Kamis (17/11).

TABA PENANJUNG, Bengkulu Ekspress – Menekan tingginya angka pertumbuhan penduduk, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) gencar melakukan pembinaan kepada para kader keluarga berencana (KB) yang ada di setiap desa di Kabupaten Benteng.

Kepala BPPKB Benteng, Sri Haryati Prasetia SSTP, melalui Kabid KB Deby Septika SSTP MSi menjelaskan, pembinaan tersebut sengaja dilakukan agar seluruh kader KB di masing-masing desa lebih proaktif  membantu pemerintah dalam menumbuhkan kesadaran ber-KB.

“Pembinaan ini sengaja kami lakukan untuk meningkatkan kinerja para petugas KB desa serta sub petugas KB desa,” jelas Debi.

Lebih lanjut dijelaskan Deby, kegiatan tersebut perlu dilakukan mengingat Kader KB merupakan ujung tombak BPPKB Benteng dalam menjangkau seluruh desa. Dengan memiliki pemahaman yang luas dan arti penting ber-KB, diharapkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Benteng bisa mengalami peningkatan.

“Program KB merupakan salah satu cara yang dicetuskan pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dengan memiliki SDM yang berkualitas, diharapkan kesejahtaraan masyarakat juga bisa terangkat,” ujar Deby.

Ibu dua anak ini menuturkan, salah satu tugas utama yang dilakukan oleh Kader KB Desa adalah melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat dan melakukan pendataan kepada keluarga yang belum menggunakan alat KB resmi dari pemerintah.

Setelah itu, barulah data tersebut tersebut disampaikan kepada para penyuluh lapangan (PL) KB yang ada di Kabupaten Benteng untuk diteruskan ke BPPKB Benteng.

“Kader KB Desa merupakan ujung tombak dalam mensukseskan seluruh program KB. Selain Kader KB Desa, kami juga memiliki sebanyak 26 orang PL KB yang tersebar di 10 kecamatan se-Kabupaten Benteng,” demikian Deby.(135)