”Jus” Paku sebagai Obat Stres

16331_14168__ilus-JAGATENTAH jenis stres macam apa yang dialami pria yang satu ini. Sebab, dia merasa nyaman ketika menelan barang-barang dari logam. Bisa uang, paku, atau logam kecil lain.
Dia adalah Rajpal Singh, 34, petani asal Bathinda, kota di bagian barat India. Rabu lalu (22/4) dia harus dibawa ke rumah sakit karena mengalami sakit perut yang luar biasa. Petugas medis di rumah sakit tersebut pun melakukan endoskopi alias pemotretan terhadap perut pasiennya itu.
Betapa kagetnya si petugas, ternyata hasil foto menunjukkan adanya ratusan benda asing di dalam perut Singh. Di antaranya, 140 keping koin, 150 buah paku, dan segenggam kacang kulit serta sejumlah baut plus baterai.
Kepada perawat, Singh mengaku sengaja menelan ratusan koin dan paku serta benda asing lainnya. ”Aku menelan semuanya dicampur jus buah atau susu,” kata Singh tanpa perasaan menyesal. ”Itu aku lakukan ketika ada masalah keluarga. Stres membuat saya terjerat kebiasaan yang aneh ini,” imbuhnya.
Untuk mengeluarkan ”jus” paku dkk, Singh harus menjalani dua kali operasi. Gagandeep Goyal, dokter pemimpin tim operasi, mewanti-wanti Singh untuk menghentikan kebiasaan itu. Jika tidak, dia bisa kehilangan nyawa.
Hilangkan stres sekaligus nyawa, mau? (**)