Jika Layanan RSUD Buruk, Laporkan

IRUL/BE KUNJUNGI: Bupati Kaur saat mengunjungi keluarga Aspin, warga Desa Sinar Bulan Kecamatan Lukang Kule Kabupaten Kaur, Sabtu (16/4).
IRUL/BE
KUNJUNGI: Bupati Kaur saat mengunjungi keluarga Aspin, warga Desa Sinar Bulan Kecamatan Lukang Kule Kabupaten Kaur, Sabtu (16/4).

BINTUHAN, BE – Bupati Kaur Gusril Fauzi SSos, meminta warga segera melapor jika pelayanan yang diberikan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaur, buruk. Sebab bupati selalu mengingatkan kepada jajaran manajemen RSUD, agar tidak membedakan pelayanan pasien selama berobat.

“Jangan hanya karena ada pasien dari keluarga miskin, sehingga ada perlakuan berbeda dengan pasien lainnya. Ini harus dihindari dan kalau ada pelayanan yang dibedakan, silakan lapor,” kata bupati saat melakukan kunjungan ke rumah keluarga Aspin Ekwandi (40), warga Desa Sinar Bulan Kecamatan Lukang Kule Kabupaten Kaur, Sabtu (16/4).

Bupati meminta kepada RSUD dan Puskesmas agar sebisa mungkin menghindari adanya komplain dari konsumen atau pasien maupun keluarga pasien, utamanya masyarakat miskin yang tidak mendapatkan pelayanan maksimal. Bupati juga meminta kepada jajaran dan pimpinan RSUD agar meningkatkan kinerja layanan rumah sakit, terutama mengoptimalkan pelayanan terhadap pasien, termasuk optimalisasi layanan sarana dan prasarana di dalamnya. Selain itu bagaimana menanggapi keluhan masyarakat secara cepat dan responsif.

“Bertindak manusiawi dalam hal tanpa membeda-bedakan siapa pasien yang datang, khususnya masyarakat miskin dan berikan pelayanan dengan semaksimal mungkin,” terangnya.

Ditambahkan bupati, untuk ambulance yang ada di RSUD maupun Puskesmas, harus standby. Sehingga warga tidak mengeluhkan lagi sulitnya mencari mobil saat merujuk keluarganya yang sakit ke Puskesmas rawat inap atau ke RSUD. Sebab jangan sampai nanti terjadi yang dialami keluarga Aspin Ekwandi dan keluarga, yang membawa jasad bayinya bernama Puti dalam tas akibat tak mampu membayar sewa ambulance dari RSUD M Yunus di Kota Bengkulu menuju Kabupaten Kaur beberapa hari lalu.

“Saya tidak ingin mendengar permasalahan ambulance tidak ada di tempat dan tidak bisa ngantar. Sekarang ini mobil ambulan kita sudah maksimal dan juga kita telah menyiapkan ambulance gratis. Juga apa yang terjadi pada kelurga Aspin ini jangan sampai nanti terjadi di Kaur,” jelasnya. (618)