Jembatan Gantung Kerap Makan Korban

BUTUH PERBAIKAN : Jembatan gantung di Desa Semelako Tiga saat ini butuh perbaikan. (ist)
BUTUH PERBAIKAN : Jembatan gantung di Desa Semelako Tiga saat ini butuh perbaikan. (ist)

Apr 11, 2017 @ 13:00

LEBONG TENGAH, Bengkulu Ekspresss – Warga Desa Semelako Tiga Kecamatan Lebong Tengah Kabupaten Lebong, Samarina (53) mengaku jembatan gantung yang ada di desanya yang merupakan akses masyarakat untuk menuju areal pertanian dan perkebunan, sebab saat ini kondisinya semakin menghawatirkan.

Selain lantai papan yang dilintasi setiap hari oleh petani setempat sudah lapuk, juga tidak jarang warga yang melintasi jembatan tersebut, menjadi korban lantaran jatuh dari atas jembatan tersebut.

“Setahu saya jembatan ini sudah lama dibangun, namun kondisinya sudah layak untuk diperbaiki atau diganti dengan bangunan yang baru. Karena petani khususnya wilayah sini banyak membutuhkan jembatan itu untuk akses menuju ke lokasi kebun. Apalagi sudah banyak korban yang jatuh dari jembatan ini akibat tidak kuatnya lantai mengimbangi,” kata Samarina.

Disinggung soal siapa yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan pembangunan jembatan ini, Samarina mengaku tidak tahu. Karena setahu dia, jembatan tersebut sudah lama dibangun dan tidak ada perbaikan sampai saat ini.

“Apakah pemerintah Kabupaten atau desa yang mempunyai tanggung jawab atas pemeliharaaanya saya tidak tahu, namun idealnya dengan kondisi yang ada saat ini jembatan gantung diatas sungai Desa Semelako Tiga  ini sudah layak mendapat perhatian. Baik melalui dana desa maupun dana pemerintah kabupaten, yang peruntukannya jelas untuk dimanfaatkan oleh masyarakat umum,” harap Samarin.(777)