Jembatan Belli Rusak Berat

jembatan  ke kebun Gunung Mesir
PASAR MANNA, BE  – Jembatan belli yang berada di RT 02 Kelurahan Gunung Mesir, Pasar Manna, Bengkulu Selatan, kondisinya sangat memperihatinkan.  Jembatan yang menjadi akses warga menuju lokasi pertanian itu sudah tidak bisa dilewati lagi oleh kendaraan.
Pasalnya,  sudah banyak berlubang, kayu yang digunakan sebagai lantai jembatan sudah  lapuk dan mur untuk penghubung antar kayu banyak yang terlepas. Tidak hanya itu,  besi penyangga pun mulai keropos.
Ketua RT 2, Gunung Mesir, Yuliam Efendi Zubir mengatakan, meski kondisi jembatan tersebut rusak parah dan kerap dilaporkan warga dan pemerintah RT setempat, namun belum ada satupun petugas dari dinas terkait untuk memantau kondisi jembatan itu. “Sudah dua tahun pak, jembatan ini rusak seperti ini, kalau usulan sudah berkali-kali tetapi belum ada respon, nengok saja belum ada,” ungkap Yulian Efendi Zubir.
Hal senada juga disampaikan Toni (32), warga setempat kepada BE. Dikatakannya, jembatan  yang mempunyai panjang sekitar 8 meter dengan lebar 4 meter itu, merupakan penghubung warga untuk menuju areal perkebunan dan persawahan, juga akses vital bagi masyarakat setempat untuk mengangkut hasil panen.
“Jangankan mobil, orang saja tidak berani lagi melewatinya, kalaupun ada yang lewat, biasanya orang maling yang takut ditangkap warga,” ujar Toni.
Dengan kondisi jembatan yang sudah rusak beberapa tahun terakhir ini, Yulian dan Toni berharap Pemkab BS dapat membangunnya kembali di tahun 2015 nanti. Sehingga warga dapat menggunakan kendaraan baik itu roda dua maupun  roda empat untuk ke tempat usaha perkebunannya.
“Proposal sudah hampir tiap tahun kami sampaikan, tahun ini sudah kami masukan lagi ke Pemda, semoga tahun 2015 dapat dibangun,” kata Yuliam yang diamini Toni. (369)