Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Cek Kondisi Hewan Kurban

Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan-hewan kurban di peternakan milik Sadiman, Kebun Tebeng.
Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan-hewan kurban di peternakan milik Sadiman, Kebun Tebeng.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Menyambut Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, bekerja sama dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, rabu (30/08/17) melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban ke sejumlah peternak di Kota Bengkulu.

Kadis Peternakan dan Hewan Provinsi Bengkulu, Majestika menuturkan hewan-hewan kurban tersebut akan dilakukan pengecekan kesehatan secara keseluruhan dan setelah itu masing-masing hewan akan disertakan selembar Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH)

“Kita lakukan pengecekan kesehatan dulu, selain kesehatannya kita juga memastikan usia hewan kurban tersebut melalui pengecekan giginya. Kalau dinyatakan sudah cukup umur untuk dipotong pada hari raya Idul Adha nanti, setiap hewan kurban akan langsung diberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan atau SKKH yang dikeluarkan pihak dokter hewan yang juga ikut memeriksa kesehatan hewan kurban ini,” tuturnya.

Disisi lain, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, , Hauliantua Pohan mengimbau agar para pembeli hewan kurban lebih selektif dalam memilih hewan yang akan dibeli dan menanyakan SKKH hewan yang dibelinya kepada si penjual.

“Setiap hewan kurban, masing-masing dibuatkan satu SKKH jika sudah diperiksa. Jadi kita mengimbau agar masyarakat lebih selektif lagi dalam memilih hewan kurban. Tanyakan SKKHnya pada penjual hewan itu, kalau dalam SKKHnya tertera kecacatan pada hewan kurban kita sarankan untuk ditukar atau diganti dengan hewan kurban yang lain,” jelasnya. (Ibe)