Jawara Telong-Telong 2016 Siap Sabet Piala Lagi

TabutBENGKULU, bengkuluekspress.com – Setelah 2 tahun berturut-turut menjadi juara dalam perlombaan Telong-Telong pada Festival Tabut Bengkulu, tahun ini Ikatan Pemuda Penurunan Bersatu (IPPB) kembali turut serta dalam perlombaan telong-telong Festival Tabut 2017.

Ketua IPPB, Bambang Hermanto menuturkan, pihaknya tak melakukan banyak persiapan untuk perlombaan kali ini. Bahkan, jika tak diminta mengirimkan kreasi oleh Dinas Dikbud Kota Bengkulu, ia dan timnya tak berniat unjuk gigi dalam Festival kali ini.

“Ini ketiga kalinya kita ikut lomba, tahun pertama kita dapat juara 2, tahun kemarin kedua kalinya ikut kebetulan dapat juara 1, karena kemarin juara 1 kita diminta Dinas Dikbud mengirimkan kreasi lagi tahun ini. Kita sebelumnya tidak ada rencana untuk ikut lagi tahun ini. Persiapan juga tidak sematang sebelumnya karena memang tidak ada rencana,” ujarnya.

Bambang Hermanto juga menuturkan, telong-telong dengan tema kereta kencana yang berhasil menyabet juara 1 di Festival Tabut 2016 memang dipersiapkan dengan matang, namun telong-telong tahun ini baru dikerjakan selama 2 minggu menjelang perlombaan dilaksanakan. Kendati demikian, ia dan tim IPPB tetap optimis telong-telong dengan tema orang berkuda membawa globe itu dapat kembali menyandang predikat juara.

“Yang kereta kencana itu dipersiapkan sejak 3 bulan sebelum Tabut, kalau ini tidak, baru 2 minggu ini dikerjakan. Kita memang tidak terlalu berharap juara, tapi ya kalau ditanya optimis ya tetap optimis bisa menanglah, berdoa saja, karena kreasi telong-telong yang lain juga bagus-bagus,” tuturnya.

Telong-telong sendiri memang memiliki daya tarik sendiri disetiap perayaan Festival Tabut, bentuknya yang unik-unik dan kreasi yang sangat kreatif mengundang wisatawan lokal untuk datang saat malam perlombaan telong-telong. Bahkan wisatawan yang hadir juga tak segan-segan berfoto bersama telong-telong yang dijejerkan sepanjang jalan didepan Gedung Merdeka.

Untuk tahun ini, malam telong-telong akan diadakan pada malam terakhir pada Jumat (29/09/17) malam bersamaan dengan malam Tabut besanding. Jadi, jika anda ingin berfoto dengan Tabut namun malas berdesakan dan berpanas-panasan dihari pembuangan Tabut, anda bisa datang di malam Tabut besanding sembari cuci mata dan berfoto dengan telong-telong yang ikut lomba malam itu. (Ibe)