Jangan Kaget, Ini Terjadi Pada Tubuh di Usia 30 tahun

wanitajpnn.comBANYAK hal yang terjadi dalam hidup Anda saat berusia 30-an. Anda menjadi lebih mapan dalam karier dan mungkin berpikir untuk memulai kkeluarga sendiri.

Tapi dekade yang sangat penting ini juga merupakan saat ketika beberapa masalah tubuh tak terduga menyerang Anda.

Inilah yang terjadi pada tubuh setelah Anda berusia 30 tahun, seperti dilansir laman Health, Selasa (13/6).

1. Periode Anda agak aneh

Meningkatnya kadar estrogen dan progesteron pada usia sekitar 35 tahun bisa menyebabkan siklus Anda berubah, mungkin lebih pendek atau lebih lama, lebih ringan atau lebih berat atau lebih awal dan lebih lambat dari biasanya.

Beberapa wanita juga memasuki masa perimenopause (fase transisi sebelum menopause) pada awal usia 30-an yang juga membawa perubahan pada periode itu sendiri.

Sementara beberapa perubahan menstruasi merupakan hal normal, adanya perubahan drastis bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang lebih mungkin terjadi. Misalnya, masalah tiroid adalah satu kondisi yang bisa menghambat siklus Anda.

2. Rambut abu-abu

Munculnya rambut abu-abu adalah merupakan suatu kejutan tapi biasa ditemukan. Ini hanyalah salah satu dari hal-hal yang bisa terjadi saat Anda bertambah tua.

3. Berat badan Anda naik sedikit

Meskipun metabolisme Anda mungkin mulai melambat, kabar baiknya di sini adalah berat badan Anda sedikit meningkat selama dekade ini daripada pada saat muda.

Tetapi bertentangan dengan apa yang mungkin pernah Anda dengar, kenaikan itu terjadi terutama di usia 20-an-bukan usia 30-an.

4. Anda kadang kencing saat Anda bersin

Satu dari tiga wanita mengalami kebocoran kandung kemih ringan.

Hal ini terutama berlaku untuk wanita yang melahirkan bayi secara normal, karena proses ini terkadang bisa merusak otot dan atau saraf yang mengendalikan buang air kecil.

Dokter mungkin meresepkan obat atau menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan latihan otot dasar panggul yang membantu mengencangkan otot.(fny/jpnn)