Jangan Buang Sampah ke Laut

IRUL/Bengkulu Ekspress PUNGUT SAMPAH: Jajaran Posl Al Kaur bersama masyarakat dan siswa saat melakukan bersih memungut sampah di Pantai Linau, Selasa (22/8).
IRUL/Bengkulu Ekspress PUNGUT SAMPAH: Jajaran Posl Al Kaur bersama masyarakat dan siswa saat melakukan bersih memungut sampah di Pantai Linau, Selasa (22/8).

MAJE, Bengkulu Ekspress – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu melalui Pos Al Kaur, menindaklanjuti Surat Telegram Komando Armada RI untuk mengajak masyarakat tidak membuang sampah plastik ke sungai dan laut. Ajakan tersebut disampaikan langsung Komandan Pos AL Kaur Lettu Laut (P) A. Adi Purwanto A.Md melalui Serma Ir Simbolon, Selasa (22/8), di sela-sela pelaksanaan kegiatan pembersihan pantai dan laut Linau Kecamatan Maje, yang melibatkan masyarakat dan siswa.

“Ya, TNI AL berserta masyarakat akan menjadi pelopor gerakan membersihkan pantai dan sungai dari sampah, khususnya plastik. Karena kita ketahui bersama bahwa dampak buruk dari sampah plastik ini sangat merusak ekosistem baik di darat maupun di laut,” kata Simbolon, kemarin (22/8).

Dikatakannya, kegiatan ini juga masih rangkaian memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun ini. Dimana seluruh jajaran AL melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai dan sungai dari sampah plastik secara serentak. Juga ia mengimbau dan mengajak masyarakat khususnya di Kabupaten Kaur agar menjaga laut dan sungai agar tidak membuang sampah baik itu sampah organik atau sampah non organik, karena laut dan sungai itu akan dinikmati anak cucu kita yang akan datang.

“Semoga dengan adanya kegiatan bersih laut dan sungai ini masyarakat Kaur akan lebih sadar agar tidak membuang sampah ke dalam laut dan sungai,” harapnya.

Dalam kegiatan bersih pantai dan laut ini, dibagi beberapa kelompok yang menyusuri sudut-sudut pantai membersihkan sampah. Tak canggung jajaran Pos AL Kaur, para siswa dan lainnya langsung terjun mengambil sampah yang berserakan di sekitar pantai tersebut. (618)