Jalan Ulu Manna Ditanami Pohon

SIAP: petugas kehutanan menyiapkab bibit pohon untuk ditanam di pinggir jalan raya Ulu Manna untuk mencegah Longsor, Selasa (18/4/2017).
SIAP: petugas kehutanan menyiapkab bibit pohon untuk ditanam di pinggir jalan raya Ulu Manna untuk mencegah Longsor, Selasa (18/4/2017).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Untuk mengantisipasi agar raya penghubung Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Selatan di Kawasan Kecamatan Ulu Manna tidak terjadi longsor. Oleh karena itu,  Kepala Resort Konservasi Sumber Daya Alam (SDA) Bengkulu Selatan (BS), Rinjauan Bindi Adi mengatakan, pihaknya akan melakukan penghijauan di kawasan Ulu Manna. Dirinya memastikan sepanjang jalan raya di Ulu Manna tersebut akan ditanam pohon.

“Untuk mengantipasi longsor di jalan Ulu Manna, kami akan Tanami pohon di pinggir jalan tersebut,” katanya.

Menurut Rinjauan, Adanya program penghijauan ini, lantaran selama ini setiap musim penghujan, tanah-tanah diatas jalan sepanjang Kecamatan Ulu Manna sering longsor. Akibatnya, tanah tersebut menutupi badan jalan. Hal ini menyebabkan arus lalu lintas menjadi macet.

“Kalau ditanam pohon, mudah-mudahan bisa menahan agar tanah tidak longsor,” ujarnya.

Ditambahkan Rinjauan, jenis pohon yang akan di tanam nanti jenis kayu ketapang. Kayu ini memiliki akar tunjang. Sehingga diharapkan mampu menahan tanah. Dijelaskannya, penanaman kayu jenis ketapang ini, tidak hanya di sepanjang jalan Ulu Manna. Namun hutan-hutan sekitar juga akan ditanami pohon. Hal itu dimaksudkan agar hutan daerah tersebut tetap rindang.

“Waktu penanamannya dalam waktu dekat ini, saat ini kami sedang  mempersiapkan bibit, kami tidak mematok jumlah pohon, namun kami rencanakan sebanyak-banyaknya agar ke depan di wilayah Ulu Manna tersebut menjadi rindang dan tidak terjadi longsor lagi,” demikian Rinjuan. (369)