Jalan Perkantoran Dibangun 2 Jalur

Febrian Fatahillah
Febrian Fatahillah

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Rencana Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk membangun jalan 2 (dua) jalur di kawasan pusat perkantoran di Desa Renah Semanek, Kecamatan Karang Tinggi akan direalisasikan tahun 2018 ini.

“Saat ini, jalan kawasan pusat perkantoran masih 1 jalur. Pada tahun ini, pembangunan 2 jalur akan kita tuntaskan,” ungkap Kepala Dinas PU Kabupaten Benteng, Drs H Rachmat Rianto ST, melalui Kabid Binamarga ST MT, kemarin (10/1).

Dijelaskan Febrian, pihaknya akan menggelontorkan dana senilai Rp 6,8 miliar dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Benteng untuk meningkatkan status jalan tersebut dari pengerasan menjadi aspal (hotmik).

“Secara keseluruhan, panjang jalan yang akan dibangun mencapai Rp 2,82 Kilometer (Km). Saat ini, kita masih menyusun daftar penggunaan anggaran (DPA) sebelum akhirnya proyek tersebut dilelang dan dikerjakan. Selain badan jalan, kita juga akan membangun median jalan yang akan menjadi sasaran pembangunan di tahun berikutnya,” jelas Febrian.

Secara keseluruhan, mantan Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU Kota Bengkulu ini mengatakan pihaknya mendapatkan kucuran dana senilai Rp 62 miliar khusus untuk pembangunan fisik. Anggaran tersebut akan dibagi ke sejumlah item pekerjaan yang tersebar di beberapa desa se-Kabupaten Benteng. Baik itu jalan ataupun jembatan.

“Anggaran yang sedikit membuat pembangunan tak bisa dilakukan secara serentak, melainkan secara bertahap. Beberapa pembangunan prioritas ditahun 2018 ini adalah pengaspalan jalan dari desa Lubuk Unen menuju Merigi Kelindang sepanjang 1 kilometer serta penuntasan jembatan permanen dari Desa Karang Tinggi menuju kawasan pusat perkantoran,” tandasnya.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*