Jalan Lintas Lebong-Curup Nyaris Putus, Badan Jalan Ambles

AMBLES : Ruas jalan lintas Lebong - Curup di Desa Bioa Sengok amblas hingga sempat menyebabkan kelumpuhan arus lalu lintas.
AMBLES : Ruas jalan lintas Lebong – Curup di Desa Bioa Sengok amblas hingga sempat menyebabkan kelumpuhan arus lalu lintas.

RIMBO PENGADANG, BE – Para pengguna jalan yang melewati jalan lintas Lebong – Curup saat ini harus benar-benar hati-hati, pasalnya kondisi jalan tepatnya di Desa Bio Sengok (Air Dingin) Kecamatan Rimbo Pengadang, terbelah dan nyaris putus total. Akibatnya beberapa kendaraan besar seperti truck, tronton dan lainnya tidak bisa melintas, hanya kendaraan kecil dan roda dua yang bisa melintas di jalan lintas tersebut.

Berdasarkan pantauan BE di lapangan, amblesnya jalan lintas Lebong-Curup tersebut terjadi pada Minggu (2/3) malam, usai hujan melanda wilayah Kabupaten Lebong.

Kondisi jalan yang sebelumnya memang sudah retak tersebut, akhirnya ambles hingga kedalaman lebih kurang 60 cm dan lebar sekitar 4 meter (M). Hingga sore kemarin (3/4), jalan tersebut sedang ditangani Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Lebong untuk penanganan sementara.
Kepala Dinas PUPRP Kabupaten Lebong, Ir Eddy Ramlan melalui Kepala Bidang Bina Marga (BM), Donni Swabuana ST, membenarkan kejadian amblesnya badan jalan hingga nyaris 100 persen. Sehingga kendaraan besar hingga siang kemarin terpaksa berbalik arah lantaran tidak bisa melintas.

“Kejadian ini sudah kita koordinasikan dengan PU Provinsi untuk penanganan lebih lanjut. Untuk sementara, tindakaan darurat sedang kita tangani,” kata Doni.

Selain itu, Doni mengimbau agar seluruh pengendara untuk lebih berhati-hati, pasalnya dengan ukuran jalan yang tersisa hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda empat dan roda dua (R2). Namun untuk kendaraan roda empat berukuran kecil agar lebih berhati-hati meskipun bisa dipaksakan lewat.

“Mudah-mudahan PU Provinsi dapat langsung menindaklanjuti penanganannya secepat mungkin,” ucap Doni.(777).