Jalan Kayu Manis – Air Dingin Longsor, Lalu Lintas Macet 5 Jam

IMG_20150207_115420SINDANG KELINGI, BE – Meningakatnya intensitas curah hujan dari pagi hingga malam hari di wilayah Kecamatan Sindang Kelingi, Kamis (9/4), menyebabkan tanah longsor di jalan umum sawangan Desa Kayu Manis – Desa Air Dingin, Kecamatan Sindang Kelingi, Rejang Lebong .

Penyebab longsor itu juga dikarenakan tanah atas badan jalan itu cukup labil, karena tahun 2014 lalu jalan itu sudah dua kali longsor.

Sementara itu, longsor kali ini cukup lebar mencapai 20 meter dengan ketinggian tanah yang menutupi badan jalan hingga 5 meter. Akibatnya, arus lalu lintas menuju ke Sindang Dataran sempat lumpuh selama sekitar 5 jam jam lebih. Mobil barang dan mobil pengangkut bahan pokok untuk berangkat ke kalangan Desa Bengko, sempat terhenti akibat longsor tersebut.

Camat Sindang Kelingi, Armansyah mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 03 .00 WIB Jumat (10/9) dinihari.

“Longsor tersebut terjadi akibat kultur tanah yang ada di atas jalan umum sangat labil, sehingga pada saat diguyur hujan tanah menjadi longsor,” ujar Armansyah.

Beruntung, longosoran akhirnya bisa dibersihkan warga yang dibantu para pedagang yang hendak berangkat ke kalangan. Mereka bergotong royong membersikan material tanah dan kayu yang menutupi badan jalan dengan menggunakan alat seadanya. Sekitar pukul 08.00, kendaraan sudah bisa melintasi jalan tersebut.

Di sisi lain, Armansyah mengatakan, pihaknya sangat mengarapkan perhatian serius dari pemerintah dan dinas terkait, supaya jalan yang longsor cepat ditanggulangi. “Bila lambat ditanggulangi dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan,” pungkasnya.(222)