Jalan Kabupaten Rusak Berat Sepanjang 3 Kilometer

Bengkulu
Bakti/Bengkulu Ekspress Kondisi jalan kabupaten di Desa Linggar Galing rusak parah.

LINGGAR GALING, Bengkulu Ekspress – Kondisi jalan kabupaten di Desa Linggar Galing, Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini kondisinya semakin memprihatinkan. Aspal lapisan penetrasi (lapen) yang dibangun pada tahun 2013 lalu tersebut sudah mengalami kerusakan dan mengelupas.

“Bisa dilihat secara langsung, kondisi jalan di kabupaten di desa kami memang dalam kondisi rusak berat,” ungkap Kepala Desa Linggar Galing, Saparmandi, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (12/4/2017).

Dijelaskan Saparmandi, setelah dilakukan pengukuran, jalan yang berlokasi di desanya tersebut sepanjang 3 kilometer. Akibat mengalami kerusakan parah, tidak jarang kecelakaan lalu lintas terjadi di kawasan itu.

“Kerusakan jalan yang terjadi saat ini seringkali menjadi pemicu terjadinya lakalantas. Sebab, permukaan jalan tersebut sudah dipenuhi koral yang berasal dari kerusakan jalan. Selain itu, lobang pada permukaan jalan juga memang sangat menganggu,” imbuhnya.

Mendapati kondisi ini, ungkap Saparmandi, pihaknya tentu saja tak berdiam diri. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menyampaikan usulan kepada pemerintah secara berjenjang. Dimulai dari pemerintah kecamatan hingga pemerintah kabupaten.

“Usulan sudah kami sampaikan beberapa kali kepada pemerintah daerah. Sebab itulah, kami harap Pemda Benteng melalui instansi terkait bisa memprioritaskan pembangunan jalan tersebut. Baik Dinas Pekerjaan Umum (PU) ataupun BP4D Kabupaten Benteng,” harapnya.

Menurut Saparmandi, pembangunan jalan di desanya perlu dilakukan agar akses penghubung antar desa bisa menjadi lebih lancar.

“Jalan ini merupakan salah satu akses yang menjadi penghubung antar desa di Kecamatan Pondok Kobang,” pungkas Saparmandi.(135)