Jalan Kabupaten Nyaris Putus

Jalan kabupaten di perbatasan Desa Air Meles Bawah Kecamatan Curup Tengah dan Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang yang terancam putus bila tidak segera diperbaiki
Jalan kabupaten di perbatasan Desa Air Meles Bawah Kecamatan Curup Tengah dan Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang yang terancam putus bila tidak segera diperbaiki

CURUP, Bengkulu Ekspress – Kerusakan jalan kabupaten kembali terjadi di Kabupaten Rejang Lebong. Bahkan kerusakan jalan yang terjadi kali ini hampir memutus jalan yang sudah diaspal.

Jalan kabupaten yang nyaris putus kali ini berada di perbatasan antara Desa Air Meles Bawah Kecamatan Curup Tengah dengan Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang. Jalan kabupaten nyaris putus tersebut lantaran gorong-gorong atau plat dekker yang dibawahnya mengalir air tergerus. Diduga karen debit air yang mengalir sangat besar sehingga menggerus gorong-gorong dan roboh.

“Saya kurang tahu pasti kapan kejadiannya, namun beberapa hari lalu saya lewat, sudah kayak gini,” sampai Arif (35) salah satu warga Desa Air Meles Bawah saat melintas di lokasi.

Kondisi tersebut, menurut Arif sangat mengkhawatirkan, terlebih lagi sebagian aspal sudah ikut jatuh atau longsor karena tergerusnya bangunan dibawahnya. Oleh karena itu Arif, berharap bisa segera dilakukan perbaikan oleh dinas terkait, karena kalau dibiarkan saya, maka tidak menutup kemungkinan jalan tersebut akan benar-benar putus.

“Kalo hujan lebat lagi, kemudian debit airnya besar, maka tidak menutup kemungkinan kerusakan akan semakin parah bahkan bisa jadi jalan ini putus,” papar Arif.

Senada dengan yang disampaikan Arif, Samsul (40) juga warga Air Meles Bawah juga mengharapkan kerusakan tersebut bisa segera diperbaiki, karena jalan penghubung dua desa tersebut sangat dibutuhkan para petani dikawasan tersebut. Karena memang jalan tersebut banyak digunakan para petani baik petani kebun maupu sawah, karena dikawasan tersebut merupakan perkebunan warga baik kebun kopi maupun aren.

“Kalau kemarau, airnya ini kadang tidak ada, namun saat musim hujan bisa besar dan bisa merusak seperti ini,” jelas Samsul.
Jalan tersebut, selain digunakan para petani, juga merupakan jalan alternatif menuju objek wisata pemandian Suban Air Panas. Dimana jalan tersebut bisa digunakan masyarakat dari kawasan Curup Tengah yang ingin ke objek wisata andalan tersebut tanpa harus melewati Kota Curup terlebih dahulu.

“Ini merupakan jalan alternatif ke Suban, kalo dari Curup Tengah dekat lewat ini, selain itu jalannya juga bagus, sehingga bisa mengurangi kemacetan saat pengunjung suban ramai,” demikian Samsul. (251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*