Jalan Dimakan Longsor

LUAS,BE- Kondisi longsor di bahu Jalan kabupaten Desa Kepahyang, Kecamatan Luas Kabupaten Kaur, terjadi beberapa bulan lalu. Terancam putus menyusul longsornya bahu dan badan jalan di Kecamatan Luas yang menghubungkan Muara Sahung tersebut.

“Saya khawatir jalan itu kalau tidak segera diperbaiki akan membuat korban jiwa. Karena makin hari jalan itu makin besar longsornya,” ujar Hendri (32), salah satu warga kecamatan Luas kemarin.

Berdasarkan pengamatan BE di lokasi, sejak terjadinya longsor beberapa bulan lalu. Jalan tersebut belum ada tanda-tanda untuk diperbaiki yang dilakukan oleh pihak terkait. Bahkan dilokasi longsor sendiri hampir tak ada tanda-tanda yang dibuat seperti peringkatan seperti pagar pembatas atau sejenisnya. Sehingga ini menyebabkan suatu ketika akan menyebabkan laka.

“Kami minta kepada dinas terkait untuk segera memperbaiki jalan longsor itu, jangan sampai kerusakan jalan itu makin parah. Karena jalan itu satu-satunya jalan menuju pusat perkantoran,” harapnya.

Camat Laus Zailan, S.Pd membenarkan jika kondisi longsor jalan di desa Kepahyang makin hari makin parah. Hal ini disebabkan tergerus hujan akhir-akhir ini, sehingga menyebabkan jalan terus ikut longsor. Ia pihaknya telah menyampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) bahwa kondisi jalan yang terancam putus tersebut.

“Permasalahan jalan longsor itu sudah kita sampaikan ke dinas terkait untuk segera memperbaiki jalan itu, dan saya menghimbau kepada pengendara sebelum jalan itu di perbaiki untuk lebih berhati-hati,” himbaunya.

Sementara itu, Lawi Amrul, S Pd saat dikonfirmasi BE mengatakan, longsor atau amblasnya jalan di kecamatan Luas itu akan segera ditangani. Untuk menghindari kecelakaan akibat amblasnya jalan pihaknya juga akan memberikan rambu peringatan agar pengendara berhati-hati.

“Kita sudah mendapatkan laporan jalan itu amblas, dalam waktu dekat ini akan segera kita perbaiki. Ambalsnya jalan itu karena faktor cuaca yang buruk ini,” jelasnya.(618)