Jalan Desa Rimbo Besar Memprihatinkan

Jalan Desa Rimbo Besar Memprihatinkan
Jefryy/BE – Akses Jalan warga Desa Rimbo Besar berlumpur.

SEMIDANG ALAS MARAS, BENGKULU EKSPRESS – Sebagian besar masyarakat desa Rimbo Besar Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) sangat mengeluhkan kondisi akses jalan sepanjang 2,5 Km di desa mereka. Jalan tersebut saat ini sangat memprihatinkan, bisa dikatakan seperti kubangan kerbau bila turun hujan. Padahal setiap tahun perbaikan jalan itu diusulkan, namun belum juga direspon.“Sudah lima tahun diusulkan untuk diperbaikai atau ditimbun, namun sampai detik ini tidak ada tanggapan,” kata Kades Rimbo Besar Yavperin kepada BE siang kemarin (27/12).

Dampak kerusakan jalan itu, sangat dirasakan seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berasal dari Desa Rimbo Besar. Pasalnya, siswa dari Rimbo Besar yang mau menuju ke sekolah mereka ini harus memutar jalan melewati Desa Talang Alai. Jaraknya tiga kali lebih jauh dibandingkan jarak normal melewati Desa Rimbo Besar. Selain bagi pelajar, tambah kades, sebenarnya jalan itu digunakan juga sebagai jalur angkutan kelapa sawit dari Desa Rimbo Besar dan desa disekitarnya. Kerusakan jalan itu berdampak pada penambahan biaya transport yang harus ditanggung petani dan pekebun.

“Sebagaian besar pelajar SMP dan SMA harus keluar desa sehingga akses jalan jauh inilah yang menjadi kendala. Terlebih dikala hujan atau sesudah hujan terjadi,” ujarnya. Sejauh ini Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Seluma belum berhasil dikonfirmasi. Keterangannya terkait perbaikan jalan di Desa Rimbo Besar itu belum diperoleh. (333)