Jadi Irup Sumpah Pemuda, Wawali Ingatkan Persatuan

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Seremoni upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke – 87 di halaman kantor Walikota Bengkulu berjalan khidmat. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (28/10) diikuti oleh TNI AD, TNI AL, Kepolisian, PNS dilingkup pemkot, dan Pelajar.

Wakil walikota Bengkulu Ir. Patriana Sosialinda didaulat menjadi Inspektur Upacara. Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang dibacakan Irup, Pemuda diminta untuk kembali bangkit melalui revolusi mental untuk mewujudkan Indonesia hebat. Diantara kemajemukan bangsa Indonesia, Sumpah pemuda adalah momentum sejarah yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa. Saat ini pemuda dihadapkan pada era yang berbeda.

Pemuda dituntut untuk mempersiapkan diri agar mampu bersaing dengan bangsa lain. Mental para pemuda harus terus dibangun agar lebih unggul, berkarakter, dan berdaya saing sehingga mempunyai nilai kompetitif dalam persaingan global. Pembangunan kepemudaan secara berkelanjutan terus dilaksanakan melalui proses penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan seperti yang tercantum dalam UU No. 40 tahun 2009 tentang kepemudaan.

Revolusi mental dapat dijadikan pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Para pemuda Indonesia wajib memegang teguh komitmennya untuk selalu menjaga keutuhan bangsa dan negara. Keberhasilan generasi terdahulu dalam menyatukan hati dan pikiran bangsa Indonesia harus diteruskan pemuda-pemuda pada generasi sekarang dan berikutnya. (And)