Jabatan Kosong Segera Diisi

Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH, memastikan sejumlah jabatan yang ditinggalkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun segera diisi.
Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH, memastikan sejumlah jabatan yang ditinggalkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun segera diisi.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH, memastikan sejumlah jabatan yang ditinggalkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun segera diisi. Untuk pengisian jabatan kosong itu, sejauh ini tim badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat) Kabupaten Seluma, tengah menggodok siapa saja pejabat yang layak menempati sejumlah jabatan kosong tersebut.

“Baperjakat tengah intens membahas pengisian jabatan kosong untuk eselon III dan IV. Sementara untuk eselon II harus melalui tahapan asasmen,” kata Bupati.
Penggodokan jabatan dilakukan, mengingat untuk jabatan eselon III dan IV harus diisi dengan orang-orang yang berkompeten. Dengan harapan mereka yang mengisi jabatan tersebut memang orang yang bertangung jawab dan bekerja sesuai aturan.

”Tim haruslah jeli dalam menempatkan orangnya,” sampainya.
Bupati menegaskan, sekalipun jabatan banyak kosong dan dijabat pelaksana tugas (Plt) roda pemerintahan dan program di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) tetap berjalan. Bundra memastikan tidak ada program yang belum dijalankan.

“Program tetap berjalan dengan maksimal dan saya pastikan itu. Namun untuk fisik memang banyak tahapan yang harus dilewati. Sekalipun demikian saya pastikan berjalan sesuai rencana awal,”dipastikan bupati.
Sekretaris Daerah Irihadi MSi menambahkan, mutasi yang akan dilakukan khusus untuk eselon II terlebih dahulu melalui tahapan panjang harus menunggu perintah dan arahan Bupati Seluma. Termasuk jabatan mana yang akan dilakukan seleksi jabatan dan posisi jabatan mana saja diseleksi terlebih dahulu. Mengingat saat ini rekomendasi untuk seleksi ASN juga sudah diterima dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Empat posisi jabatan eselon II yang akan diseleksi masih menunggu perintah bupati. Mengingat saat ini banyak jabatan yang di isi oleh pelaksana tugas,” sampainya.
Sekda menerangkan, pada eselon III dan IV ini sendiri segala masukan dari Baperjakat menjadi pertimbangan dalam mutasi yang segera dilakukan. Mengingat sejumlah posisi yang kosong dan di tinggal pensiun akan di telaah lebih lanjut. Termasuk orang yang akan menempati jabatan tersebut layak atau tidak diberikan jabatan.

“Pengkajian ini masih terus dilakukan Baperjakat. Hanya saja mana terlebih dahulu mutasi eselon II atau eselon III dan eselon IV kita tunggu saja,” sampai Sekda belum mau menyebutkan kapan waktu pelaksanaan mutasi tersebut.
Dia menuturkan, pegawai Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) saat ini tengah mengikuti pelatihan. Hal itu berdampak rapat lanjutan Baperjakat membahas mutasi terhenti untuk sementara. Sekalipun demikian sejumlah jabatan yang akan di isi tersebut sudah ada dan diketahui.
Sejumlah jabatan OPD yang diisi Plt, antara lain, BKPSDM, Badan Litbang, Sekretaris DPRD Seluma, Dinas Nakertrans, Badan Perpusatakaan, serta beberapa OPD lainnya. (333)