Irigasi Diperbaiki, Jangan Alih Fungsi

dirwan
H Dirwan Mahmud SH

KOTA MANNA, BE – Bupati Bengkulu Selatan (BS), H Dirwan Mahmud SH mengaku prihatin dengan kondisi puluhan hektar sawah di BS saat ini. Menurutnya, banyak sawah tidak bisa digarap bahkan sebagian sudah ada yang alih fungsi. Hal ini akibat banyaknya saluran irigasi yang rusak.

“Laporan yang saya terima irigasi rusak sudah 70 persen, baik itu di Kedurang, Seginim dan juga Air Nipis, Sehingga perlu segera diperbaiki,” katanya.

Menurut Bupati, kerusakan irigasi tersebut telah menyebabkan Seginim dan Kedurang sebagai lumbung beras di BS telah hilang. Di bawah kepemimpinannya, Dirwan berjanji akan mengembalikan nama beras Seginim dan beras Kedurang, dengan menjadikan kedua kecamatan itu sebagai lumbung beras di BS kembali.

“Saya akan upayakan di masa kepemimpinan saya, Seginim dan Kedurang sebagai lumbung beras harus dikembalikan, jadi semua saluran irigasi harus diperbaiki,” ujarnya.

Dirwan meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pertanian BS dapat mewujudkan cita-citanya tersebut dengan kembali memperbaiki saluran irigasi yang rusak. Disamping itu dirinya pun mengimbau kepada petani sawah untuk tidak mengalihfungsikan sawahnya menjadi areal perkebunan.

“Sawah saya harap jangan dialihfungsikan, bahkan saya akan mengupayakan kedepannya areal sawah bertambah dengan membuka lahan sawah baru, saya minta dinas PU dan dinas pertanian dapat menprogramkan perbaikan semua saluran irigasi agar semua sawah terairi dan bisa digarap maksimal,” terang Dirwan. (369)