Integritas jadi Syarat Utama Rekrutmen CPNS 2013

In Nasional
JAKARTA – Rekrutmen CPNS 2013 tidak hanya menyangkut faktor intelektualitas. Sebab, integritas justru akan menjadi faktor utama dalam merekrut para calon abdi negara itu.
“Integritas menjadi unsur utama untuk rekrutmen tahun ini. Itu sebabnya, point ini akan kita perketat,” kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) Eko Prasojo dalam keterangan persnya, Minggu (19/5).

Menurutnya, perlu adanya perbaikan pada sistem seleksi untuk mendapatkan SDM Aparatur yang berkualitas. Karenanya, perekrutan pun ditujukan untuk memilih sarjana terbaik dari universitas terbaik. “Kualitas SDM menentukan maju tidaknya suatu bangsa,” ujarnya.

Eko menambahkan, CPNA 2013 harus memenuhi ambang batas kelulusan (passing grade). “Sejak merdeka kita tidak pernah memakai sistem passing grade lagi. Sekarang kalau butuh 20 pegawai tapi yang lulus hanya lima, maka hanya lima saja yang diambil,” ujarnya.

Selain menjalani ujian kepribadian, wawasan kebangsaan, dan kompetensi dasar, CPNS juga harus lulus pada kompetensi bidang. Guru besar ilmu administrasi di Universitas Indonesia itu menegaskan, dibuthkan aparatur yang kreatif untuk melakukan perubahan yang lebih baik terhadap negara ini.

“Satu persen orang terhebat di Indonesia harus masuk birokrasi. Dimulai dari perbaikan daya tarik dari pekerjaan abdi negara, hingga menciptakan suasana yang kondusif untuk perubahan birokrasi,” tandas guru besar UI ini. (Esy/jpnn)

You may also read!

Diancam Novel, Miryam Langsung Terbayang Anak

jpnn.com, JAKARTA – Mantan anggota Komisi II DPR Miryam S Haryani mengaku down dan stres ketika diancam penyidik Komisi

Read More...

Balai Rafflesia Diresmikan Gubernur Pada 4 April Mendatang

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Jika tak ada aral melintang, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan menggelar acara

Read More...

Pengakuan Yani Gugat Ibu Kandung Rp 1,8 Miliar

jpnn.com, BEKASI – Yani Suryani, 45, menggugat ibu kandungnya sendiri, Siti Rokayah alias Amih, 85, asal Garut, Jawa Barat.

Read More...

Mobile Sliding Menu