Inspektorat Gandeng BPKP

BIMTEK: Inspektprat BS menggelar Bimtek dengan menggandeng pihak Auditor BPKP, di kantor Inspektorat BS, Senin (12/2).
BIMTEK: Inspektprat BS menggelar Bimtek dengan menggandeng pihak Auditor BPKP, di kantor Inspektorat BS, Senin (12/2).

Demi Tingkatkan Level

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka peningkatan level, Inspektorat Bengkulu Selatan (BS) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) internal. Dalam bimtek tersebut, inspektorat BS menggandeng Badan pemeriksa keuangan dan pembangunan (BPKP) perwakilan Bengkulu.

“ Untuk meningkatkan Level, kami menggandeng BPKP dalam pelaksanaan Bimtek,” kata kepala Inspektorat BS, Diah Winarsih SH.

Mbak Win sapaan akrab Diah Winarsih ini mengatakan Bimtek tersebut digelar selama 3 hari di Kantor Inspektorat.

Bimtek dimulai Senin (12/2) hingga berakhir Rabu (14/2). Dengan adanya bimtek ini dirinya berharap adanya peningkatan kapabilitas Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP), dalam rangka menuju level 2. Oleh karena itu, agar hasilnya lebih maksimal, pihaknya menghadirkan langsung pemateri dari BPKP Bengkulu ini digelar selama 3 hari.

“ Selama ini inspektorat BS masih level 1, paling bawah pada tingkatan level inspektorat, kalah dengan kabupaten tetangga, dengan adanya bimtek ini semoga bisa naik ke level 2,” ujar Mbak Win.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan harapan tersebut, perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di inspektorat. Apip sebutan bagi ASN yang bertanggungjawab terhadap pengawasan intern di lingkungan Pemkab BS harus memiliki kapabilitas dan kapasitas selaku pengawas. Sehingga ke depan inspektorat tugasnya tidak hanya sekedar menunggu laporan atau audit rutin namun bisa menjadi wadah konsultasi.

“Inspektorat tugasnya pengawasan. Sehingga harus memiliki ilmu mengaudit selaku auditor internal, memahami tugas dan fungsi inspektorat,” demikian Mbak Win. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*