Ini Titik Masuk Pantai Panjang Saat Malam Tahun Baru

BENGKULU, BE  – Bagi masyarakat yang merayakan tahun baru 2015 di sepanjang Pantai Panjang, Mapolres Bengkulu menyiapkan tiga jalan alternatif yang bisa dilalui untuk menuju Pantai Panjang.
Pertama jika masyarakat akan masuk depan Pasir Putih atau Pantai Ujung, sampai dengan Rafflesia disarankan melewati Jalan Jenggalu sampai dengan perempatan Empang Wisata.
Jika masyarakat akan ke simpang tiga Deskranasda (belakang Hotel Horizon) dan kampung nelayan disarankan melewati Hotel Horizon. Dan apabila masuk ke Tapak Paderi dan Pantai Jakat disarankan melewati Tugu Pena dan depan Polres Bengkulu.
“Bagi masyarakat yang akan mengunjungi Pantai Panjang malam tahun baru nanti bisa tertib sehingga tercipta suasana yang kondusif nanti,” kata Kapolres Bengkulu, AKBP Ardian Indra Nurinta SIK melalui Kabag Ops,  AKP Ruri Roberto SH SIK MT MH MM.
Ditambahkan Ruri, dibuatnya 3 alternatif tadi, karena sepanjang jalan di belakang BIM sampai sebelum simpang Hotel Horizon pada malam tahun baru akan dilakukan car free night (malam bebas kendaraan), diberlakukan mulai pukul 18.00 WIB tanggal 31 Desember.
Sementara untuk masyarakat yang akan memakirkan kendaraan Mapolres Bengkulu bekerja sama dengan Dishub Provinsi Bengkulu menyiapkan beberapa kantong parkir untuk meminimalisir masyarakat yang membludak memakai kendaraan roda dua dan roda empat, diantaranya di belakang Gedung Orari, sekitar taman Mapolsek Ratu Samban bekerja sama dengan pihak BIM, kantor camat Ratu Samban, 1 jalur sebelah kiri pertigaan Deskranasda, turunan Hotel Horizon dan di sepanjang pantai yang dilewati namun tidak memakan bahu jalan.
“Untuk parkir berkoordinasi dengan Dishub, sementara untuk pengamanan lalu lintas dan jalan, 2 per 3 dari Polres Bengkulu dan Polda Bengkulu akan mengamankan,” imbuh Kabag Ops.
Kapolres Bengkulu melalui Kabag Ops menghimbau untuk masyarakat untuk mengetahui perkiraan cuaca agar bisa mengantisipasi pada waktu malam pergantian tahun nanti, karena menurut data informasi dari BMG Provinsi Bengkulu malam tahun baru cuaca akan berangin kencang disertai hujan.
Peringatan tahun baru agar dilaksanakan se sederhana mungkin,  serta tidak mengkonsumsi minuman keras, narkoba dan melakukan konvoi. “Bagi masyarakat, khususnya perempuan untuk tidak memakai perhiasan yang mencolok atau berlebihan agar tidak memancing tindak kejahatan, bagi ibu yang membawa anaknya untuk tidak lupa menjaga anak agar tidak terpisah. Bagi yang meninggalkan rumah untuk tidak lupa memperhatikan listrik dan mengecek keamanan rumah sebelum ditinggalkan,” imbau.

Kapolres Sidak
Sementara itu, guna terciptanya kondisi yang kondusif, aman dalam perayaan tahun baru 2015 di Kota Bengkulu, Kapolres Bengkulu, AKBP Ardian Indera Nurinta SIK melakukan sidak ke tenda pleton pos pelayanan yang berada di sport center Pantai Panjang.
Sidak ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota tenda pleton dalam pengamanan malam tahun baru. “Sidak dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota dalam pengamanan tahun baru nanti,” kata Kapolres. Ditambahkan Kapolres, agar nanti pada tanggal saat malam pergantian tahun para anggota siap dalam melayani masyarakat yang mempunyai keluhan dan tanggap dalam menangani masalah yang mungkin terjadi dalam peringatan tahun baru.(cw4)