Ini Penyebab Helmi Hasan Tak Hadir Dalam Penetapan Calon

Ini Penyebab Helmi Hasan Tak Hadir Dalam Penetapan CalonBENGKULU, bengkuluekspress.com – Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, Senin (12/02/18) Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Bengkulu menggelar Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu yang akan mengikuti kontestasi Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

Dalam acara yang digelar di Hotel Santika itu, bakal pasangan calon dari jalur perseorangan yakni David Suardi hadir didampingi pasangannya Bakhsir. Begitu pula dengan bakal pasangan calon dari jalur Parpol yakni Patriana Sosialinda didampingi oleh Mirza Murman, Erna Sari Dewi didampingi oleh Ahmad Zarkasi.

Namun pemandangan berbeda ditunjukkan oleh pasangan Helmi Hasan – Dedy Wahyudi, dimana Dedy Wahyudi tampak hadir tanpa Helmi Hasan. Sontak saja hal ini menjadi sorotan, sebab Helmi Hasan digantikan oleh Asmawar yang merupakan ketua DPC Gerindra Kota Bengkulu.

Ketidakhadiran Helmi Hasan inipun dijelaskan oleh Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah. Dikatakan Darlinsyah, pihaknya telah menerima surat izin dari Helmi Hasan sekaligus surat mandat bagi Asmawar untuk menggantikan Helmi Hasan dalam Rapat Pleno pagi ini.

“Kita sudah menerima surat izin dari Bapak Helmi Hasan, yanh menjelaskan ketidakhadiran beliau karena beliau sedang menjalankan ibadah umroh. Selain itu, surat mandat yang mengamanatkan Bapak Asmawar untuk menggantikan beliau hari ini juga telah kita terima,” ujar Darlinsyah.

Sementara itu, dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), pasangan calon yang bersangkutan memang diperbolehkan untuk tidak hadir dalam penetapan ini, jika sedang menjalankan ibadah atau memang memiliki alasan lain, asalkan yang bersangkutan menyampaikan surat keterangan ke pihak KPU dan memberikan surat mandat untuk yang menggantikannya. (ibe)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*