Ini Alasan Rafflesia Arnoldii Jadi Google Doodle Hari Ini

Google doodleBENGKULU, bengkuluekspress.com – Hari ini, masyarakat Provinsi Bengkulu patut berbangga. Pasalnya salah satu puspa langka khas Bengkulu Bunga Rafflesia dijadikan sebagai google doodle. Lalu tahukah kamu mengapa google memilih Rafflesia Arnoldii untuk menjadi google doodle hari ini?

Dilansir dari Wikipedia, Bunga Rafflesia Arnoldii pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Provinsi Bengkulu, tepatnya di Kabupaten Bengkulu Selatan. Joseph Arnold adalah orang yang pertama kali menemukan puspa langka ini dalam sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffless. Karena itu, nama puspa langka ini berasal dari gabungan dari kedua nama penemu tersebut.

Tepat pada 25 tahun yang lalu, pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, melalui Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 Rafflesia Arnoldii dinyatakan sebagai Bunga Nasional, bersama dengan 2 bunga lainnya yakni bunga Melati dan bunga Anggrek.

Oleh karena itu, pada hari ini, Selasa (09/01/18) Google turut merayakan 25 tahun ditetapkannya Bunga Rafflesia sebagai Bunga Nasional dengan menjadikan Rafflesia Arnoldii sebagai google doodle hari ini. Tentu hal ini patut dibanggakan oleh masyarakat Bengkulu, dan dengan semakin dikenalnya Bunga Rafflesia, semoga saja kesadaran masyarakat untuk senantiasa melestarikan dan menjaga keberadaan puspa langka ini semakin bertambah. (ibe)